Pemprov DKI apresiasi kehadiran Kampus UMKM Shopee di Jakarta

  • Whatsapp

Jakarta (ANTARA) – Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo, mengapresiasi atas kehadiran Kampus UMKM Shopee Jakarta dalam upaya untuk mendukung pengembangan UMKM naik kelas.

“Dengan dukungan tersebut diharapkan ke depan para pelaku UMKM mendapatkan pengetahuan dan wawasan baru terkait aspek-aspek peningkatan bisnis sehingga dapat meningkatkan skala usahanya,” kata Elisabeth mewakili Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Pakuwon Office Tower, Jakarta Selatan, Rabu.

Setelah Solo, Bandung, dan Semarang, Kampus UMKM Shopee resmi hadir di Jakarta, bertempat di Pakuwon Office Tower, Lantai 47, Jakarta Selatan.

Kampus keempat ini didirikan untuk membantu UMKM lokal naik kelas dan digital on-boarding melalui rangkaian pelatihan dan pendampingan serta penyediaan fasilitas dan layanan yang bisa mengakomodir kebutuhan pengembangan bisnis UMKM.

Menurut Elisabeth, kehadiran Kampus UMKM Shopee Jakarta sebagai pusat pengembangan digital UMKM dapat membuat para pelaku usaha memahami lebih detail mengenai cara berjualan online yang tepat, mendekatkan diri antara penjual kepada pembeli, hingga cara mengembangkan strategi bisnis digital secara optimal.

Elisabeth berharap nantinya para pelaku UMKM binaan Jakpreneur juga dapat bergabung untuk memanfaatkan pelatihan dan fasilitas yang sudah disiapkan oleh Kampus UMKM Shopee Jakarta.

Ia mengatakan hingga saat ini kurang lebih terdapat 95 persen usaha dalam skala UMKM yang telah mendukung PDRB DKI dan nasional. Tercatat telah ada 284.400 UMKM untuk binaan Jakpreneur per Rabu dan 75 persen di antaranya diharapkan sudah bisa on-boarding di marketplace, kata Elisabeth.

“Kami juga sudah memulai dari program Jakpreneur 7 PAS (Pasti Akan Sukses), tapi akan lebih sukses lagi bersama dengan Shopee,” tuturnya.

Ia berharap ke depan dapat membentuk pengembangan kolaborasi lainnya, misalnya Shopee dapat membantu untuk memfasilitasi warga Jakarta yang akan tergabung dalam Jakprenuer untuk mendapatkan sertifikat halal gratis dari Pemrov DKI.

Elisabeth mengatakan pihaknya menargetkan 5.000 sertifikat halal gratis untuk UMKM di DKI Jakarta pada tahun depan sehingga dibutuhkan kolaborasi bersama untuk mewujudkan hal tersebut.

“Sekali lagi kepada Shopee, kami ucapkan selamat atas pembukaan kampus UMKM Shopee. Mudah-mudahan semua fasilitas dapat memberikan manfaat kepada para pelaku UMKM,” pungkasnya.

Baca juga: Ikuti arahan Jokowi, Asror dapat bantuan modal dari Kampus UMKM Shopee

Baca juga: Kampus UMKM Shopee Ekspor hadir di Bandung

Baca juga: Sebanyak 1,5 juta produk UMKM RI diekspor hingga Brazil lewat Shopee

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pos terkait