Peneliti MIT buat robot yang bisa cari barang tersembunyi

  • Whatsapp

RFusion merupakan proyek robot yang dikembangkan oleh peneliti MIT dan dirancang untuk mencari barang yang berada di dalam tumpukan atau tidak terlihat mata.

Peneliti MIT mengembangkan sebuah robot yang dirancang untuk membantu pengguna menemukan barang yang hilang di dalam rumah atau suatu ruangan. Disebut RFusion, robot terdiri dari lengan robot yang dilengkapi dengan kamera dan antena frekuensi yang terpasang pada mekanisme pegangannya.

Menurut laporan dari SlashGear (6/10), robot menggabungkan sinyal dari antena RF dengan input visual dari kamera yang terpasang. Dengan semua perangkat keras dan lunak yang digabungkan, robot dapat memanfaatkan input visual untuk menemukan dan mengambil barang tersebut, bahkan jika tersembunyi di balik objek lain yang membuatnya tidak terlihat. 

Sinyal frekuensi robot sangat cocok untuk sistem jenis ini karena bergerak melalui sebagian besar permukaan. Lengan robot memanfaatkan machine learning atau pembelajaran mesin yang memungkinkannya secara otomatis memperbesar lokasi yang menurutnya tempat objek yang dicari berada.

Lengan robot akan bergerak langsung ke atas objek, mengambilnya, dan memverifikasi apakah barang yang dia ambil benar. Di samping itu, MIT sepenuhnya mengintegrasikan kamera, antena, lengan robot, dan AI sehingga RFusion dapat beroperasi di lingkungan apapun tanpa memerlukan pengaturan khusus.

Mungkin robot ini akan sangat berguna bagi Sahabat Tek yang suka lupa menaruh benda di rumah. Namun sejatinya, RFusion memiliki penggunaan potensial yakni menyortir barang, seperti barang dagangan di gudang.

Peneliti proyek RFusion mengatakan, prototipe robot belum cukup cepat untuk penggunaan di industri atau rumah. Para peneliti percaya robot memiliki pengaplikasian di lingkungan manufaktur dan gudang. Mereka juga mengklaim, RFusion memiliki tingkat keberhasilan 96% untuk mengambil objek yang sepenuhnya tersembunyi di bawah tumpukan.

[embedded content]

Pos terkait