Penyempurnaan Sistem Keamanan Gedung berbasis Kesehatan di Masa Pandemi

  • Whatsapp

JAKARTA – Dalam kondisi pandemi Covid-19, standar keamanan sebuah bangunan atau gedung telah berubah untuk mengakomodasi kondisi baru seperti in. Kini, standar keamanan tidak hanya keamanan dari tindak kejahatan, namun juga keamanan dari bakteri dan virus penyebab penyakit. Kondisi ini membuat perumahan, gedung perkantoran, pusat perbelanjaan dan tempat-tempat umum saat ini perlu mengevaluasi dan menyempurnakan sistem keamanan gedung. Penyempurnaan ini meliputi perlindungan kesehatan bagi penghuni gedung serta tamu yang datang.

Untuk memenuhi kebutuhan ini, pengelola gedung dapat memanfaatkan perkembangan teknologi keamanan. Perkembangan teknologi keamanan saat ini dapat mempermudah penerapan standar keamanan baru terkait dengan adanya wabah Covid-19. Beberapa langkah yang dapat dilaksanakan oleh pengelola gedung untuk peningkatan standar keamanan di masa pandemi ini antara lain:

● Penerapan thermal detection di akses masuk
Pengelola gedung dapat melakukan pemeriksaan suhu pada setiap orang yang berada di berbagai akses masuk gedung. Hal ini dapat dilakukan dengan mudah dan cepat dengan teknologi Thermal Detection yang terintegrasi dengan sistem CCTV. Dengan adanya sistem ini, pengelola gedung dapat memantau kondisi setiap orang yang masuk ke area gedung. Selain itu, dengan adanya protokol ini, pengunjung bisa tetap merasa aman dan nyaman karena protokol kesehatan sudah dijalankan.

● Menekan faktor penyebaran virus melalui kontak fisik

Dengan perkembangan teknologi akses tanpa sentuh, penyebaran bakteri dan virus melalui kontak fisik dapat ditekan. Tidak perlu lagi penghuni gedung atau pengunjung menyentuh langsung gagang pintu saat akan membuka pintu atau menekan tombol untuk mengakses lift. Selain itu, pengelola gedung juga dapat melakukan metode sterilisasi ruangan dengan menggunakan sinar UV-C. Sterilisasi ini terutama dibutuhkan untuk area dengan arus lalu lintas orang yang tinggi. Dengan penerapan ini, diharapkan penyebaran virus dan bakteri yang berasal dari kontak fisik dapat ditekan.

● Pembatasan akses area dengan sistem akses kontrol
Dengan pemberlakukan akses kontrol, alur keluar masuk suatu ruangan hanya akan diberikan kepada individu yang memiliki kredensial. Hal ini dapat mempermudah pengelola gedung untuk melakukan tracing apabila ada orang dalam ruangan tersebut yang terindikasi tertular penyakit. Selain fungsi tracing, pemberlakukan sistem akses kontrol juga dapat membatasi arus lalu lintas orang yang masuk ke dalam suatu area, sehingga protokol physical distancing juga dapat dengan mudah diberlakukan.

Dalam proses penerapan sistem keamanan yang baru ini, dibutuhkan integrasi sistem keamanan yang mampu mengakomodasi berbagai elemen keamanan ini. Integrasi ini memungkinkan setiap elemen pengamanan untuk mendukung pelaksanaan protokol kesehatan dengan lebih efisien. Demi menjawab kebutuhan integrasi, Hikvision – Hikcentral Enterprise hadir untuk solusi integrasi sistem keamanan gedung perkantoran Anda. Hikcentral adalah perangkat lunak platform yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan empat industri vertikal umum yakni bangunan komersial, ritel, kawasan industri, dan pendidikan. Sebagai platform terbuka, HikCentral Enterprise dapat dengan mudah diintegrasikan dengan elemen keamanan yang telah ada sebelumnya. Beberapa keunggulan yang ditawarkan Hikcentral Enterprise adalah:

● Bukan hanya sebagai pengaman, HikCentral Enterprise hadir sebagai platform untuk meningkatkan efisiensi dari berbagai system

● Pada fitur keamanan commercial, dengan bantuan Artificial Intelligence, HikCentral Enterprise membantu bukan hanya dari sisi pengamanan, tetapi dapat memberikan solusi yang komprehensif secara end to end, mulai dari masuk gedung system entry & exit yang ada dalam HikCentral Enterprise Commercial ditambah dengan kamera ANPR serta panduan tempat parkir (Parking Guidance) dapat meningkatkan efisiensi waktu dan kemudahan dalam melakukan management kendaraan. Tidak hanya itu, HikCentral Enterprise Commercial juga menawarkan solusi untuk Human Access Management, mulai dari Visitor Management, akses untuk tenant maupun akses dan kehadiran untuk karyawan pekerja dengan berbagai Otentikasi.

● Pada fitur keamanan retail, dengan bantuan Artificial Intelligence pada suatu alat, HikCentral Enterprise membantu bukan hanya dari sisi pengamanan, tapi dapat memberikan solusi yang komprehensif secara end-to-end untuk meningkatkan efisiensi dan strategi yang tepat untuk industri retail saat ini. Selain fitur heatmap Hikvision juga mempunyai solusi untuk meningkatkan daya jual suatu produk, yaitu dengan menggunakan strategi proactive marketing, dengan menggunakan kamera CCTV dengan fitur customer analysis serta diintegrasikan dengan customers data VIP, pendeteksian otomatis. Ketika pelanggan tersebut datang ke suatu toko, petugas atau karyawan toko mendapatkan notifikasi bahwa ada pelanggan VIP datang, karyawan toko bisa memberikan informasi Hot Item atau promo tertentu atau dapat juga meningkatkan service kepada VIP customers.

Selain itu CCTV dengan fitur customers analysis juga dapat secara otomatis mengambil data pelanggan yang masuk ke toko kita dan dapat mengenali mana petugas, karyawan dan pelanggan. Hal ini dapat membantu kita mendapatkan data pelanggan yang presisi untuk dapat menentukan strategi-strategi lain. Selain itu ada fitur yang hanya ada di HikCentral Enterprise Retail adalah Remote Audit. Hikvision memberikan solusi remote audit untuk memenuhi keluhan customers yang merasa kurang efektif dengan sistem audit tradisional.

Sistem keamanan gedung di era pandemi ini mewajibkan setiap orang yang berada dalam gedung untuk penerapan protokol kesehatan, seperti mewajibkan penggunaan masker saat memasuki gedung, hingga penyediaan hand sanitizer di titik – titik dengan lalu lintas orang yang padat. Selain itu, penerapan protokol ini juga dapat ditunjang dengan berbagai teknologi keamanan yang canggih seperti thermal CCTV, atau sistem akses kontrol touchless. Dengan memanfaatkan integrasi teknologi keamanan ini, diharapkan pengelola gedung dapat lebih mudah untuk menerapkan dan mengevaluasi protokol kesehatan yang sedang dijalankan. CM

Pos terkait