Phison buka-bukaan soal SSD PCIe Gen 5, Gen 6, dan Gen 7

  • Whatsapp

Ternyata, Phison saat ini sudah mulai kembangkan teknologi SSD untuk PCIe Gen 6 dan bahkan untuk PCIe Gen 7.

Phison baru saja mengungkapkan beberapa bocoran terkait teknologi penyimpanan masa depan. Saat ini, mereka tampaknya tak hanya fokus untuk penyimpanan PCIe Gen 5 saja, namun juga teknologi penyimpanan beberapa generasi mendatang.

Dalam sebuah acara Insider dari MSI, CTO Phison, Sebastien Jean membahas cukup mendalam terkait dengan teknologi ini. Mereka mengatakan, mereka tak hanya fokus mengembangkan SSD PCIe Gen 5 saja, namun juga sudah mulai mengembangkan PCIe Gen 6 dan bahkan Gen 7.

Phison mengungkapkan beberapa detail yang sangat menarik tentang SSD generasi berikutnya, khususnya, produk PCIe Gen 5. Mereka mengatakan bahwa SSD dengan pengontrol tersebut akan dikirimkan mulai tahun depan.

Sebastien menyatakan bahwa membutuhkan sekitar 16-18 bulan untuk mengembangkan desain SSD baru. Sedangkan teknologi kontroler dan lainnya bisa dilakukan 2 hingga 3 tahun sebelumnya.

Wccftech (27/10) mengatakan bahwa SSD PICe Gen 6 kemungkinan akan diperkenalkan pada 2025 hingga 2026, maka ini waktu yang tepat untuk mulai fokus ke SSD dengan teknologi tersebut, dan bahkan untuk mengembangkan SSD PCIe Gen 7.

Dan untuk SSD PCIe Gen 5, SSD ini dikabarkan akan menawarkan kecepatan hingga 14 GBps. Seperti diketahui, kecepatan ini setara dengan kecepatan RAM DDR4-2133, yang merupakan kecepatan dasar dari DDR4.

Adapun konsumsi termal dan daya, Phison menyatakan bahwa mereka menyarankan pembuat SSD Gen 4 untuk memiliki heatsink. Tetapi, untuk SSD PCIe Gen 5, memiliki heatsink menjadi sebuah keharusan.

Ada juga kemungkinan kita melihat solusi pendinginan aktif untuk SSD generasi berikutnya. Sementara itu, SSD Gen 5 akan rata-rata di sekitar 14W TDP, sementara SSD Gen 6 akan rata-rata di sekitar 28W TDP. 

Pos terkait