PSE terdaftar tingkatkan kepercayaan konsumen

  • Whatsapp

Jakarta (ANTARA) – Kementerian Komunikasi dan Informatika menyatakan penyelenggara sistem elektronik (PSE) yang terdaftar akan meningkatkan rasa percaya masyarakat ketika menggunakan sebuah platform digital.

“Dengan tercatat di Kominfo, orang jadi tahu siapa dibalik penyelenggara sistem elektronik tersebut,” kata Koordinator Business Matchmaking Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, Kominfo, Luat Sihombing, Kamis.

Pemerintah melalui Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik mewajibkan penyelenggara sistem elektronik, atau platform, mendaftar ke Kementerian Kominfo.

Pendataan ini, menurut Luat, bertujuan mewujudkan penyelenggara sistem elektronik yang andal, aman dan tepercaya. Selain itu, jika penyelenggara sistem elektronik terdaftar, risiko di ekosistem digital akan bisa dikendalikan.

Penyelenggara sistem elektronik yang mendaftar akan bisa dilihat di laman Kominfo, Ketika sudah terdaftar, produk dari penyelenggara sistem elektronik tersebut akan lebih dipercaya masyarakat.

Selain mengetahui penyelenggara, masyarakat juga akan tahu kepada siap bisa melayangkan keluhan jika terjadi masalah saat menggunakan platform tersebut.

Penyelenggara sistem elektronik yang terdaftar juga akan membantu pemerintah membangun pemetaan ekosistem penyelenggaraan sistem dan transaksi elektronik.

Ketika masyarakat mengetahui platform digital yang mereka gunakan sudah terdaftar di Kominfo, kepercayaan mereka terhadap penyelenggara sistem elektronik tersebut akan meningkat.

Pendaftaran ini juga menjadi sarana edukasi masyarakat bahwa ada penyelenggara sistem elektronik yang terdaftar resmi ke kementerian.

Setelah itu, masyarakat akan lebih berhati-hati ketika bertransaksi di platform elektronik.

Pendaftaran penyelenggara sistem elektronik merupakan salah satu wujud Kementerian Kominfo selaku regulator dalam ekosistem digital Tanah Air.

Selain sebagai regulator, Kominfo juga menjadi fasilitator antara lain melalui serangkaian program untuk mengembangkan talenta digital.

Kementerian juga berfungsi sebagai akselerator untuk mempercepat pertumbuhan ekosistem digital di Indonesia. Dalam hal ini, Kominfo antara lain membuat program Startup Studio untuk mendorong pertumbuhan perusahaan rintisan dan HUB.ID untuk industri game dalam negeri.

Baca juga: Astragraphia perkenalkan iCare, iSense dan OSA di Indonesia

Baca juga: Menkominfo imbau PSE, LPP dan LPS optimalkan kinerja selama PPKM

Baca juga: Pendaftaran untuk penyedia aplikasi dan medsos privat diperpanjang

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pos terkait