PT Pelni Gelar Kompetisi Karya Tulis Jurnalistik 2021

  • Whatsapp
Peserta yang dapat mengikuti lomba bekerja di media yang terverifikasi Dewan Pers.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -– Jelang memasuki usia ke-70 tahun, PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT Pelni (Persero) menggelar kompetisi karya jurnalistik untuk wartawan media cetak dan online. Lomba ini mengambil tema utama ‘Peran Pelni dalam Konektivitas Angkutan Laut di Indonesia’.

Pejabat Sementara (Pjs) Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni, Opik Taufik Tema menjelaskan, tema tersebut dipilih seiring dengan upaya perseroan untuk tetap menjaga konektivitas di tengah pandemi Covid-19. Menurut dia, kompetisi jurnalistik Pelni dapat diikuti oleh jurnalis yang artikelnya diterbitkan atau ditayangkan selama periode 1 Juli 2021 sampai dengan 30 Agustus 2021.

“Tema utama dibagi menjadi beberapa tema khusus yang berkaitan dengan strategi Pelni dalam meningkatkan layanan termasuk inovasi digital yang dikembangkan oleh perusahaan,” kata Opik di Jakarta, Rabu (23/6).

Dia menjelaskan, tema khusus lomba ada lima yang bisa dipilih. Pertama, Pelni sebagai perusahaan strategis di bidang transportasi laut. Kedua, peran Pelni dalam pemerataan pembangunan di daerah tertinggal, terpencil, terdepan, dan daerah perbatasan (3TP).

Ketiga, strategi dan inovasi Pelni dalam meningkatkan konektivitas. Keempat, peran Pelni mengatasi dampak Covid-19 dan upaya pemulihan ekonomi nasional. Kelima, transformasi digital Pelni.

“Karya tulis jurnalistik ini bertujuan untuk memberikan penghargaan dan apresiasi kepada para jurnalis yang terus mendukung perusahaan dalam menjalankan program Pemerintah untuk meningkatkan konektivitas nasional,” ucap Opik.

Dia menjelaskan, media memiliki peran strategis, termasuk menjadi medium komunikasi antara perusahaan dan masyarakat. Media juga menjalankan fungsi pengawasan hingga melakukan misi sosialisasi untuk edukasi masyarakat.

“Dari kompetisi ini, kami berharap mendapatkan gambaran obyektif atas perannya selama ini, apalagi tahun depan akan menjadi penanda 70 tahun PT Pelni mengabdi untuk negeri,” ujar Opik.

Lomba karya tulis jurnalistik Pelni dibagi menjadi dua kategori, yaitu pemberitaan di media cetak atau daring (online) di seluruh Indonesia. Peserta yang dapat mengikuti lomba adalah wartawan yang bekerja di media cetak atau daring, yang telah diverifikasi oleh Dewan Pers.

Selain itu, Opik menambahkan, hasil karya pada kompetisi ini merupakan karya orisinil yang keasliannya dapat dipertanggungjawabkan, bukan saduran, bukan terjemahan, non-SARA, dan tidak tergolong advertorial dengan batas akhir pengiriman karya tulis pada 5 September 2021.

“Ketentuan khusus dan persyaratan lainnya dapat diakses melalui website resmi Perusahaan di https://pelni.co.id/kompetisi-karya-jurnalistik-pelni-2021. Total hadiah yang disiapkan untuk pemenang kompetisi ini mencapai ratusan juta rupiah,” kata Opik.

Pos terkait