Qualcomm kembangkan chipset berbasis ARM untuk laptop

  • Whatsapp

Pihak Qualcomm tampaknya berpendapat bahwa laptop di masa depan akan menggunakan solusi chipset berbasis ARM.

Apple saat ini sudah mulai meninggalkan prosesor berbasis x86 untuk laptop mereka. Sebagai gantinya, mereka menggunakan chipset berbasis ARM untuk menjalankan semua laptop generasi terbaru mereka.

Menanggapi hal tersebut, Qualcomm tampaknya menyukai ide yang satu ini. Dalam pernyataan terbaru, pihak Qualcomm mengatakan bahwa pergeseran dari prosesor berbasis x68 di laptop menjadi prosesor berbasis ARM untuk laptop tidak dapat dihindari.

Seperti diketahui, Qualcomm saat ini sedang mengembangkan sebuah chipset berbasis ARM yang digadang-gadang dapat menyaingi performa dari chipset M1 milik Apple. Prosesor tersebut akan siap digunakan secara komersial pada 2033 mendatang, seperti dilansir dari Tom’s Hardware (18/11).

Pihak Qualcomm mengatakan saat ini mereka sedang melakukan pengembangan ketat dan dilakukan dari awal untuk mengembangkan chipset yang tepat. Mereka akan menggunakan kemampuan dari Nuvia, perusahaan yang diakuisisi oleh Qualcomm awal tahun ini untuk membuat chipset tersebut.

Qualcomm mengatakan inti CPU Nuvia akan dibuat secara khusus dan disesuaikan untuk beban kerja PC. Mereka juga akan membuat GPU Adreno ditingkatkan ke tingkat unit pemrosesan grafis mandiri.

Hal ini dapat mereka lakukan karena saat ini mereka memiliki cukup banyak insinyur dari ATI Technologies. Seperti diketahui, perusahaan tersebut memang memiliki spesialisasi dalam membuat GPU.

Tapi, perusahaan asal Amerika tersebut memiliki cukup banyak pekerjaan rumah. Sebab, untuk dapat bersaing dengan Apple, mereka harus menciptakan solusi GPU yang sangat bertenaga.

Sementara itu, mereka juga memiliki banyak tantangan lain, seperti optimalisasi sistem operasi yang akan dijalankan di laptop tersebut. Seperti diketahui, selama beberapa tahun belakangan ini, Intel terus gagal dalam mengembangkan OS berbasis Windows yang stabil digunakan di CPU berbasis ARM.

Pos terkait