Qualcomm siapkan 3 SoC 5G murah, meluncur akhir tahun

  • Whatsapp

Qualcomm baru saja meluncurkan 3 SoC 5G murah, yakni Snapdragon 695, Snapdragon 480 Plus dan 778G Plus.

Qualcomm baru saja mengumumkan SoC dengan modem 5G dengan harga yang lebih terjangkau. Hal ini dikarenakan pembangunan infrastruktur jaringan 5G sudah mulai merata di sebagian besar negara di seluruh dunia.

Oleh karena itu, perusahaan mengumumkan tiga sistem-on-chip baru yang memiliki modem 5G tertanam. Namun, yang menjadi bintang adalah Snapdragon 695, yang merupakan penerus Snapdragon 690.

SoC ini menggunakan teknologi fabrikasi 6nm, yang sudah menggunakan gelombang milimeter 5G yang jauh lebih cepat. Pengguna juga akan mendapatkan peningkatan performa grafis hingga 30% dan CPU 15% lebih cepat. 

Di sisi lain, dua SoC lain yang diperkenalkan adalah Snapdragon 480 Plus dan 778G Plus. Keduanya merupakan penerus Snapdragon 480 dan Snapdragon 778G, dimana menawarkan peningkatan performa dari CPU dan GPU.

Tak ketinggalan, ada juga satu SoC baru yang tidak memiliki modem 5G, yakni Snapdragon 680. SoC ini akan menggunakan teknologi fabrikasi 6nm, namun tidak memiliki modem 5G, yang cocok untuk negara yang belum memiliki jaringan 5G.

Qualcomm mengatakan, keempat SoC ini pun akan hadir di berbagai smartphone sebelum 2021 berakhir. Beberapa vendor, mulai dari Honor, Motorola, Nokia, Oppo, Vivo, dan Xiaomi sudah mengonfirmasi akan menggunakan SoC ini.

Pos terkait