Qualcomm siapkan chipset pesain Apple M1

  • Whatsapp

Dalam sebuah kabar terbaru, dikabarkan bahwa Qualcomm siapkan chipset baru yang akan menjadi pesaing Apple M1.

Apple telah sukses dalam memperkenalkan chipset untuk laptopnya, yakni Apple Silicon. Perusahaan menghadirkan beberapa varian dari chipset, yang disebut sebagai Apple M1.

Tak hanya Apple, Qualcomm sebenarnya memiliki satu SoC yang ditujukan untuk laptop. Bahkan, chipset tersebut sudah digunakan di beberapa laptop, meski traksinya kurang baik.

Beberapa tahun berlalu, ternyata Qualcomm tidak berhenti melakukan pengembangan chipset tersebut. Dan tampaknya, Qualcomm akan meluncurkan chipset yang dapat menyaingi Apple M1 beberapa tahun kedepan.

Selama acara Investor Day 2021, chief technology officer Qualcomm, Dr. James Thompson, mengungkapkan perusahaan akan meluncurkan chipset PC sendiri pada 2023.

Chipset tersebut akan dirancang oleh tim Nuvia yang terdiri dari trio mantan insinyur Apple yang telah bekerja pada chipset A-series. Perusahaan tersebut diakuisisi oleh Qualcomm awal tahun ini seharga USD1,4 miliar.

Menurut Qualcomm, chipset-nya akan bersaing dengan chipset seri M Apple dan akan menawarkan kinerja serta daya tahan baterai yang baik. Dan tampaknya, mereka tidak akan menggunakan nama Snapdragon untuk chipset ini, seperti lapor Ubergizmo (17/11).

Mereka juga bekerja dengan Microsoft untuk chipset khusus yang digunakan di perangkat Surface, tetapi pada akhirnya tidak berhasil menarik perhatian atau pujian yang sama seperti yang dimiliki chipset seri-M Apple.

Pos terkait