realme C25Y dibanderol murah punya kamera mewah

  • Whatsapp

realme C25Y yang mengusung slogan “50MP AI Camera. Serunya Seharian”  ini dibekali kamera 50MP yang dilengkapi dengan teknologi AI.

Selain memperkenalkan realme 8i pada gelaran peluncuran “Ultra-Smooth. Ultra-Powerful.” produsen smartphone realme juga memperkenalkan smartphone entry-level yang menyasar anak muda yang membutuhkan ponsel dengan baterai tahan lama. Smartphone ini dirancang untuk menopang berbagai aktivitas harian mereka yang cukup padat.

Realme menghadirkan smartphone dari jajaran seri C yang sangat populer di kalangan anak muda, yakni realme C25Y. Smartphone yang mengusung slogan “50MP AI Camera. Serunya Seharian” ini dibekali kamera 50MP yang dilengkapi dengan teknologi AI. Resolusi kamera ini merupakan yang terbesar yang pernah realme berikan kepada jajaran smartphone seri C. Jelas, perusahaan sedang meningkatkan standar ponsel entrinya tersebut. 

Desain garis estetik

realme C25Y didesain compact dan cukup nyaman digenggam. Sebab, bagian belakang pada smartphone ini memiliki tekstur yang membuatnya tidak licin meski digenggam tanpa softcase silikon. Teksturnya juga tidak mengganggu dan cukup ciamik dilihat dari dekat, dengan garis vertikal yang memanjang dari ujung atas hingga bawah. Perusahaan menyebutnya, desain garis estetik.

Desain garis estetik di bagian belakang realme C25Y

Cover belakang smartphone diwarnai dengan model gradasi. Terdapat 2 varian warna, yaitu Glacier Blue dan Metal Grey. Khususnya untuk varian Glacier Blue, warnanya begitu cerah dan ceria, mencerminkan anak muda banget! Gradasi warna birunya seperti perpaduan dari biru awan ke biru laut.

Bicara soal bentuk, smartphone ini memiliki dimensi 164.5mm x 76.0mm x 9.1mm, dengan berat 200 gram. Jika digenggam, smartphone ini memang cukup tebal dan agar berbobot, tapi ini wajar karena baterai yang ditampung cukup besar yakni 5.000 mAh. Tidak perlu khawatir dengan ketahanan smartphone, karena realme C25Y telah menerima sertifikasi ketahanan dari TÜV Rheinland.

Di bagian belakang, kamera disusun dalam housing berbentuk kotak yang diletakkan di pojok kiri atas. Tonjolan housing tidak terlalu kentara dan terlalu tebal, seperti banyak smartphone yang ada di pasaran saat ini. Kemudian, ada sensor pemindai sidik jari di bagian tengah dan speaker dengan nama realme di bagian bawah cover. Speaker-nya dirancang cukup simpel dengan dua garis berjajar.

Seperti biasa, tombol volume dan daya berada di sisi kanan smartphone, sedangkan slot SIM card di sisi kiri. Di bagian bawah, terdapat dua lubang mikrofon, jack audio 3.5 mm, dan port pengisi daya yang masih menggunakan micro USB.

Secara keseluruhan, memegang realme C25Y terasa nyaman dan kokoh. Sepertinya realme memang memperhatikan setiap lekukan dan sambungan antar bagian, mulai dari panel layar hingga ke bagian penutup belakang smartphone. Desain rancang bangun dari realme C25Y walaupun berada di kelas entry-level tetap terasa nyaman seperti kelas harga diatasnya.

Layar penuh 6,5 inci

Layar realme C25Y mengadopsi layar penuh mini-drop berukuran 6,5 inci. Ukuran ini memberikan bidang pandang yang lebih besar dengan rasio layar-ke-bodi 88,7%, sehingga dapat menampilkan lebih banyak informasi, terutama ketika sedang bermain gim atau menonton film tanpa adanya pemblokiran visual.

Di samping itu, notch yang menampung kamera selfie 8 MP juga tidak terlalu mengganggu visual layar. Gim PUBG Mobile masih aman dijalankan, tanpa ada fitur-fitur atau tombol yang terhalang. 

Sementara itu, layarnya menawarkan resolusi 1600 x 720 piksel dengan kecerahan layar 420 nits. Di bawah sinar matahari, layarnya masih dapat terlihat jelas dengan kecerahan maksimum yang secara otomatis diaktifkan. 

Tampilan layar realme C25Y

50MP AI Camera

Untuk pertama kalinya, realme mengusung resolusi kamera utama 50MP AI Camera pada jajaran smartphone seri C. Sebab, fotografi kini menjadi bagian penting bagi seluruh pengguna smartphone.

“Target pencapaian dari seri realme C yakni agar selalu menjadi smartphone entry-level terbaik pilihan semua orang. Kami menyadari fotografi telah menjadi bagian dari fitur penting bagi semua orang. Jadi hal pertama yang kami pilih untuk disematkan dalam realme C25Y adalah kamera utama 50MP dengan aperture terbuka lebar f/1.8,” kata J.J Kwan, Senior Product Marketing Manager realme.

Resolusi ini dapat menghasilkan foto dengan piksel besar hingga 8160 x 6144, sehingga dapat menangkap lebih banyak detail. Seperti pada gambar di bawah ini, rintik hujan yang jatuh ke kolam renang sangat jelas terlihat, bahkan setelah di zoom. Ditambah lagi, fitur kamera dilengkapi fitur HDR sehingga dapat meningkatkan kecerahan meskipun diambil saat backlight. Perbedaannya sangat kentara antara foto yang diambil dengan HDR dan tanpa HDR.

Dengan HDRTanpa HDR

 

Dua kamera belakang lainnya adalah kamera makro dan kamera B&W. Kamera makro dapat membantu pengguna mengambil gambar dengan jarak yang sangat dekat, dengan jarak fokus 4 cm. Biasanya, digunakan untuk memotret benda-benda kecil atau binatang kecil.

Untuk kamera depan, ponsel mengusung resolusi 8 MP yang dapat mengambil foto selfie dengan jernih. Ditambah lagi, kamera mendukung AI Beauty Function dan Mode HDR yang dapat mempercantik hasil selfie pengguna. Berikut ini hasil selfie menggunakan kamera depan realme C25Y.

Selfie dengan AI Beauty Function (kiri) dan mode HDR (kanan)

Performa gaming Unisoc T610

realme C25Y ditenagai oleh prosesor Unisoc T610 dengan 8 inti yang terdiri dari 2 Arm Cortex-A75 yang beroperasi hingga 1,8GHz, dan 6 Arm Cortex-A55 yang beroperasi hingga 1,8GHz. Selain itu, performanya juga didukung GPU Arm G52 3EE 2-Core, sehingga prosesor memiliki performa grafis 30% lebih tinggi yang meningkatkan performa saat bermain gim.

Pengaturan grafis tertinggi pada permainan PUBG Mobile di realme C25Y adalah HD dengan frame rate High. Sedangkan dengan grafis Balanced bisa mencapai frame rate Ultra. Fitur gyroscope-nya juga dapat diaktifkan. Selama memainkan PUBG Mobile di smartphone ini terasa lancar. Meskipun sempat panas setelah dimainkan berjam-jam, namun tidak ada lagging yang berarti. Semuanya masih dalam batasan wajar. 

Selain itu, realme C25Y yang dijual di Shopee ini dibekali RAM 4GB dengan penyimpanan internal 64GB dan dukungan eksternal memori hingga 256GB yang dapat menampung banyak foto, video, audio, dan dokumen lainnya. Untuk mengunduh dan mengunggah konten, tidak perlu khawatir akan membuang banyak waktu karena chipsetnya dibekali modem LTE-7 sehingga proses unduh dapat diselesaikan dengan cepat hingga 300 Mbit per detik. 

Realme C25Y berjalan dengan sistem operasi realme UI R Edition berbasis Android 11. Pengalaman UI nya cukup memuaskan, ringan dan mudah dioperasikan. Perpindahan dari satu layar ke layar lainnya juga lancar dan mulus. 

Di sisi lain, realme C25Y juga menawarkan keamanan fingerprint dan face unlock.  Baik sensor fingerprint maupun face unlock dapat bekerja dengan baik dan dengan cepat membuka kunci smartphone. Setelannya pun mudah dan tidak perlu bolak balik memindai wajah atau menempel sidik jari.

 

Pos terkait