Resmi Dibatasi, Ini Syarat WNA Bisa Masuk Lewat Bandara Soetta

  • Whatsapp

Tangerang: Warga negara asing (WNA) yang hendak masuk ke Indonesia resmi dibatasi. Pembatasan tersebut diterapkan berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan HAM (Permenkumham) Nomor 27 Tahun 2021. 
 
Kepala Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Romy Yudianto mengatakan peraturan itu diterbitkan guna mencegah penyebaran covid-19 dari luar Indonesia. 
 
“Terbitnya peraturan Nomor 27 Tahun 2021 itu merupakan bentuk pelaksanaan kebijakan selective policy yang dijalankan oleh (Divisi) Imigrasi,” ujar Romy dalam keterangan pers, Kamis, 22 Juli 2021. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Romy menuturkan, walau terdapat pembatasan tersebut, masih ada pengecualian sejumlah golongan WNA yang diizinkan masuk ke Indonesia. Salah satunya pemegang visa diplomatik dan visa dinas. 
 
“Pemegang izin tinggal diplomatik dan izin tinggal dinas, serta pemegang izin tinggal terbatas dan izin tinggal tetap,” tambahnya. 
 
Baca: Bandara Soetta Batasi Penumpang Asing yang Masuk Indonesia
 
Selain itu, WNA dengan tujuan kesehatan dan kemanusiaan yang mendapat rekomendasi dari kementerian dan memenuhi protokol kesehatan juga diizinkan masuk. Lalu, WNA dengan tujuan kesehatan dan kemanusiaan yang mendapat rekomendasi lembaga yang menyelenggarakan fungsi penangangan covid-19 dan memenuhi protokol kesehatan turut mendapat izin masuk. 
 
“Pembatasan terhadap WNA dikecualikan juga bagi awak alat angkut yang datang dengan alat angkutnya,” lanjut Romy. 
 
Romy berharap peraturan itu dapat mencegah penyebaran covid-19 di Indonesia. Imigrasi Bandara Soetta bakal dibantu oleh pemegang kebijakan atau stakeholder terkait di bandara saat menjalankan aturan baru tersebut.
 
(SYN)

Pos terkait