Review Gigabyte Z690 AORUS ELITE AX DDR4, jalankan Alder Lake tanpa DDR5

  • Whatsapp

Pada kesempatan kali ini tim Tek.id akan membahas salah satu motherboard dari Gigabyte, yakni Z690 AORUS ELITE AX DDR4 yang merupakan motherboard untuk Intel Alder Lake yang menggunakan RAM DDR4.

Intel baru saja memperkenalkan jajaran prosesor desktop terbaru mereka, yakni Intel Core ke-12 yang akrab dipanggil Alder Lake. Seperti diketahui, untuk menjalankan prosesor yang satu ini, kita harus menggunakan motherboard dengan chipset 600 series.

Nah, pada kesempatan kali ini, tim Tek.id kedatangan satu motherboard dari Gigabyte, yakni Z690 AORUS ELITE AX DDR4. Namun, bukan yang menggunakan RAM DDR5, namun unit yang kami dapatkan saat ini adalah yang menggunakan RAM DDR4.

Ya, seperti diketahui, Intel memang memberikan dukungan RAM DDR5 dan DDR4 untuk CPU generasi terbaru mereka. Tentu saja, hal ini membuat para pengguna yang masih enggan pindah atau menunggu kehadiran RAM DDR5 menggunakan CPU tersebut.

Lalu, fitur apa saja yang ditawarkan oleh motherboard yang satu ini? Kalau penasaran, yuk simak ulasannya berikut ini!

Desain

Seperti motherboard seri AORUS lainnya, Gigabyte menggunakan kombinasi warna hitam dan silver untuk motherboard yang satu ini. Tak ketinggalan, terdapat juga beberapa RGB LED di sekitar motherboard, yang dapat dikontrol melalui software milik AORUS.

Tergolong ke dalam motherboard kelas atas dan ditujukan untuk para gamer, Gigabyte menyematkan cukup banyak pendingin pasif untuk memberikan para gamer ketenangan saat bermain gim dan juga saat ingin melakukan overclock di komputer mereka.

Gigabyte menggunakan heat spreader besar yang mengcover semua MOSFET yang ada di motherboard. Hal ini wajar mengingat saat melakukan overclock, suhu yang dihasilkan akan cukup tinggi.

Lalu, mereka memiliki sebuah heat spreader yang juga tak kalah besar di bagian bawah perangkat. Pada bagian atas, heatsink ini mendinginkan SSD M.2 NVMe PCIe Gen 4×4 agar tetap dingin untuk menjaga performa.

Sedangkan di bagian bawah, terdapat sebuah heat spreader yang besar dimana dapat mendinginkan dua M.2, dimana satu merupakan SSD PCIe 4.0 dan satunya SSC PCIe gen 3.0.

Pada bagian kanannya merupakan heat spreader yang ditujukan untuk mendinginkan kontroler chipset Z690. Gigabyte cukup percaya diri dengan solusi pendinginan mereka untuk mendinginkan chipset tersebut.

Terakhir, Gigabyte juga menggunakan desain PCB berwarna hitam, yang menggunakan teknologi 2X Copper PCB. Mereka mengklaim bahwa dengan menggunakan teknologi ini, mereka dapat membuat motherboard ini lebih dingin dan tahan lama.

Sementara untuk power, motherboard ini menggunakan desain pin CPU 8+4 yang memastikan CPU mendapatkan daya yang cukup saat pengguna melakukan overclock. Hal ini sudah menjadi standar di motherboard Gigabyte kelas atas.

Konektivitas

Dikarenakan menggunakan chipset seri 600, motherboard ini menggunakan soket LGA 1700 generasi terbaru. Ukuran dari soket ini berbeda dengan CPU generasi sebelumnya, sehingga membutuhkan cooler dengan bracket baru untuk mendinginkan CPU tersebut.

Sementara itu, untuk RAM, seperti yang sudah kami bahas di awal, motherboard ini menggunakan RAM DDR4. Gigabyte mengklaim, motherboard ini akan dapat menjalankan RAM DDR4 hingga kecepatan DDR4 5333.

Kalian akan dapat menggunakan total empat slot RAM tersebut dengan total 128GB, dengan maksimal satu slot RAM sebesar 32GB. Jadi, kalian akan dapat memiliki kapasitas RAM yang besar.

Untuk PCIe, kalian akan mendapatkan total 1 buah PCIe Gen 5 x16. Selain itu, kalian juga akan mendapatkan 2 buah PCIe Gen 3.0 x16. Jadi, pengguna akan dapat dua slot PCIe untuk berbagai kebutuhan.

Pengguna juga akan mendapatkan total 4 SSD NVMe di motherboard ini. Tak ketinggalan, pengguna juga akan mendapatkan total 6 SATA III yang memberikan kapasitas penyimpanan yang besar.

Sementara itu, untuk port USB external, pengguna akan mendapatkan 1 header USB Type-C port yang mendukung USB 3.2 Gen 2. Tak ketinggalan, terdapat juga sebuah port untuk USB 3.2 Gen 1, dan 2 port untuk USB 2.0.

Untuk port I/O, di bagian belakang, pengguna akan mendapatkan total 4 USB 2.0, 1 USB Type-C 3.2 Gen 2×2, 2 buah USB 3.2 Gen 2 Type-A (berwarna merah), serta 3 buah USB 3.2 Gen 1.

Untuk jaringan, pengguna akan mendapatkan sebuah LAN Realtek 2.5GbE LAN chip (2.5 Gbps/1 Gbps/100 Mbps) serta sebuah Intel Wi-Fi 6 AX201 dengan dukungan WIFI a, b, g, n, ac, ax, dukungan 2.4/5 GHz Dual-Band, BLUETOOTH 5.2, serta 11ax 160MHz wireless standard dengan kecepatan hingga 2.4 Gbps.

Di sisi lain, untuk video, terdapat 1 buah HDMI port 2.1 dengan resolusi maksimal [email protected] Hz dan sebuah DisplayPort 1.2 yang memiliki resolusi maksimal [email protected] Hz.

Terakhir, untuk audio, mereka menggunakan Realtek ALC1220-VB CODEC yang mendukung audio 7.1 yang memiliki kualitas suara yang sangat baik.

Kesimpulan : Terbaik untuk Intel Generasi ke-12 dengan RAM DDR4

Dengan semua fitur yang ditawarkan, Z690 AORUS ELITE AX DDR4 merupakan salah satu pilihan terbaik untuk para gamer dan konten kreator yang ingin hijrah ke Intel generasi ke-12, namun masih tak ingin pindah atau malas menunggu lama kehadiran RAM DDR5.

Kami telah mencoba melakukan pengujian motherboard ini menggunakan Intel Core i9-12900K, yang dapat kalian tonton ulasannya di video di bawah ini.

 

[embedded content]

 

Dan untuk harganya, saat ulasan ini dibuat, kami melihat beberapa toko di eCommerce sudah mulai menjual motherboard yang satu ini dengan harga kisaran Rp4.990.000. Meski cukup mahal, namun mengingat spesifikasi yang dihadirkan cukup baik, motherboard ini merupakan salah satu dari sekian motherboard DDR4 untuk Alder Lake yang sudah dijual resmi di Indonesia.

Gigabyte Z690 AORUS ELITE AX DDR4

Keunggulan
  • Support Intel 12th gen Alder Lake
  • Masih gunakan DDR4
  • Sudah gunakan PCIe Gen 5

Kekurangan
  • Harga masih cukup premium
  •  
  •  

 

Pos terkait