Robot Facebook ini bisa pasang kabel serat optik

  • Whatsapp

Menurut Facebook, robot tersebut masih cukup untuk melayani semua rumah dan bisnis yang dilalui oleh setiap saluran listrik.

Meskipun kabel internet serat optik memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan kabel logam, kabel ini sering kali harus didistribusikan di bawah tanah, yang bisa membatasi kegunaannya. Kabel serat optik memungkinkan bandwidth yang lebih tinggi, kecepatan yang lebih tinggi, jarak transmisi yang lebih jauh, dan keamanan yang lebih kuat daripada kabel logam.

Meskipun serat optik terkadang didistribusikan di atas tanah melalui tiang listrik yang ada, faktor-faktor seperti paparan angin, es, dan suhu ekstrim dapat menyebabkan kualitas menurun dan akhirnya pecah seiring waktu.

Oleh karena itu, sebagian besar perusahaan dan kota lebih suka menempatkannya di bawah tanah. Namun, melakukan hal itu melibatkan penggalian parit di seluruh kota, meletakkan kabel serat optik di dalam parit tersebut, dan kemudian menutup kembali dengan tanah. Ini adalah proses yang mahal, mengganggu, dan tidak bisa diterapkan di banyak bagian dunia. Di sinilah robot Bombyx Facebook Connectivity dimanfaatkan.

Dilansir dari New Atlas (8/10), robot ini dirancang untuk merangkak secara mandiri di sepanjang saluran listrik tegangan menengah, dan melilitkan serat optik panjang terus-menerus di sekitarnya. Pada akhirnya ini dapat memasang lebih dari 1 km kabel dalam waktu 90 menit. ia memanfaatkan sensor penglihatan untuk secara otomatis membuat jalan di sekitar kabel dan isolator.

Sayangnya, gulungan kabel serat optik udara reguler sepanjang 1 km terlalu berat untuk digantung di satu tempat (di dalam robot) pada saluran listrik biasa. Dengan demikian, Bombyx menggunakan jenis kabel khusus yang menggabungkan ikatan kevlar yang lebih ringan, dan yang menurunkan jumlah serat optik tradisional dari 96 menjadi 24.

Menurut Facebook, ini masih cukup untuk melayani semua rumah dan bisnis yang dilalui oleh setiap saluran listrik. Selain itu, kabel baru ini memiliki lapisan luar tahan panas agar terhindar dari gangguan meleleh atau teregang oleh suhu tinggi yang sering dicapai saluran listrik.

[embedded content]

Pos terkait