Robot hibrida ini bisa jalan, terbang, dan main skateboard

  • Whatsapp

Tidak hanya membantu memperbaiki posisinya, baling-baling ini juga memungkinkannya melompat tinggi dan menjelajah di medan kasar, tangga, atau rintangan lainnya.

Robot bernama Leonardo (Leo) buatan Caltech dapat berjalan dengan dua kaki, melompat, terbang, melakukan keseimbangan di atas seutas tali, dan bahkan bermain skateboard. Dengan demikian, robot ini memiliki peluang lebih baik untuk mengatasi rintangan dengan menggabungkan beberapa keahliannya.

Memiliki tinggi 0,8 meter, Leo berjalan dengan kaki kurus bersendi tiga. Keterampilan keseimbangannya yang luar biasa hadir berkat empat baling-baling mirip drone di bahunya. Tidak hanya membantu memperbaiki posisinya, baling-baling ini juga memungkinkannya melompat tinggi dan menjelajah di medan kasar, tangga, atau rintangan lainnya.

Dilansir dari New Atlas (7/10), mode gerakan campuran ini memberi Leo beberapa keuntungan dibandingkan hanya satu gerakan. Pendorongnya memberikan keseimbangan yang lebih baik daripada robot berkaki dua biasanya, sementara kaki menghilangkan tekanan beban dari dorongan baling-baling dari sebagian beratnya.

Leo telah menempuh perjalanan panjang dalam dua tahun sejak pertama kali dikenalkan. Robot ini telah beralih dari tes tertambat di lab ke berjalan dan terbang di luar, serta telah mengambil dua trik baru yang dengan ahli menunjukkan kelincahannya.

Tim peneliti mencoba robot berjalan di atas tali tanpa terjatuh, dan bahkan bisa mengayunkan skateboard melalui serangkaian kerucut lalu lintas. Tugas ini termasuk sulit jika dilakukan oleh manusia, apalagi tobot biasa.

Leo dikatakan akan bisa menjadi lebih gesit. Versi mendatangnya akan memiliki kaki yang lebih kaku, baling-baling pendorong yang lebih kuat, dan algoritma yang lebih pintar untuk membantunya menavigasi, berjalan, terbang, dan mendarat dengan lebih efisien.

[embedded content]

Pos terkait