Rute panduan untuk liburan sambil bersepeda di Singapura

  • Whatsapp

Jakarta (ANTARA) – Banyak orang yang sadar akan pentingnya gaya hidup sehat selama pandemi. Tak sedikit orang yang memilih bersepeda untuk mendukung gerak aktif atau olahraga.

Bersepeda memiliki manfaat untuk fisik seperti membentuk otot tubuh, mengurangi berat badan, baik untuk kesehatan jantung dan paru, mencegah kanker, dan memperkuat imun tubuh.

Baca juga: Pemkot Jakbar rencanakan tempat wisata bagi pesepeda di tiap kecamatan

Bersepeda juga jauh dari kerumunan dan dilakukan di luar ruangan, sehingga membuat olahraga ini relatif aman dari penyebaran virus COVID-19.

Hobi bersepeda ini menjadi tren di Indonesia, tak terkecuali di Singapura. Dikutip dari Channel News Asia, jumlah pesepeda di Singapura naik 68 persen pada Januari 2021.

Pada akhirnya, bersepeda bukan hanya olahraga semata, melainkan juga bagian dari gaya hidup.

Bagi Anda yang menekuni hobi sepeda, Singapura dapat menjadi pilihan destinasi selanjutnya.

Singapura menawarkan pengalaman baru bersepeda dan tak terbayangkan sebelumnya, karena Anda dapat menjelajah satu negara dengan sepeda bersama peleton (rombongan road bike) Anda.

Bersepeda keliling pulau saat ini menjadi tren di kalangan pesepeda Singapura dengan rute sepeda sepanjang 150 kilometer bernama The Round Island Route (RIR).

Rute ini juga terhubung dengan Park Connector Network, koridor hijau sepanjang 300 kilometer yang menghubungkan taman dan area alami di Singapura.

Dikutip dari Singapore Tourism Board, setiap taman memiliki situs budaya, sejarah, alam, dan rekreasi. Bersepeda, jogging, atau marathon, jadi lebih nyaman dan menyenangkan dengan rute dan jalur yang sudah tersedia.

Land Transport Authority Singapura juga membangun jalur sepeda sepanjang 240 kilometer. Jalur ini akan terus diperpanjang dengan perkiraan mencapai 1.300 kilometer pada 2030.

Selain itu Singapura juga fokus akan kenyamanan dan keamanan pesepeda, dengan memberikan papan penanda dan tempat parkir khusus sepeda di tempat umum.

Baca juga: FRG Cycling bidik potensi “sport tourism” di Bali

Rute bersepeda di Singapura
Anda bisa bersepeda bersama teman dan keluarga dengan pilihan rute sepeda dan panorama yang beragam di Singapura. Tempat-tempat berikut menyediakan jalur sepeda, lengkap dengan atraksi yang ada di sekitarnya.

Rower’s Bay Park
Anda dapat bersepeda di Rower’s Bay Park yang memiliki jalur sepanjang 150 kilometer yang menghubungkan Yishun dan Punggol.

Daya tarik dari jalur sepeda ini adalah Seletar Reservoir (waduk), dengan menara paviliun, terasering, dan rawa.

Kawasan Seletar Aerospace Park juga menyediakan tempat istirahat, toilet, pengisian daya listrik, dan mesin penjual otomatis yang menjual peralatan sepeda.

Di sini juga terdapat stasiun perbaikan sepeda swadaya (self help), apabila Anda ingin memperbaiki atau mengatur kenyamanan sepeda.

Tak ada salahnya untuk istirahat sejenak bersama teman di pinggir waduk, sambil berfoto di jembatan kayu dengan pemandangan menakjubkan.

Distrik Punggol
Keluar dari jalur Rower’s Bay Park, Anda dapat menemukan jalur sepeda perkotaan dan taman di Distrik Punggol.

Distrik ini terkenal sebagai salah satu distrik yang disukai pesepeda karena memiliki lanskap yang beragam dari perkotaan, tepi sungai, taman ilalang, dan laut.

Rute sepeda yang direkomendasikan dimulai Punggol Park, Punggol Container Park, Lorong Halus Wetlands, Punggol Promenade Nature Walk, dan berakhir di Waterway Point.

Baca juga: Enam destinasi wisata di Singapura rekomendasi Marissa Nasution

Eastern Coastal Loop
Rute Eastern Coastal Loop bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin mengabadikan momen bersepeda di Singapura.

Sepanjang rute ini Anda akan menemukan pemandangan bangunan ikonik Singapura seperti Supertree Grove dari Gardens by the Bay, Gedung Marina Bay Sands, Roda Oberservasi Singapore Flyer, Gedung Teater Esplanade, dan Patung Merlion.

Rute pesepeda yang direkomendasikan pada jalur ini mulai dari East Coast Park, Changi Village Hawker Centre, Marina Barrage, dan Gardens by the Bay.

Southern Ridges Loop
Jalur sepeda ini sangat cocok bagi Anda yang suka alam, pegunungan hijau, dan suasana sepi yang agak jauh dari perkotaan.

Southern Ridges Loop merupakan rute yang membuat Anda untuk mengolah fisik dan menyegarkan pikiran dengan pemandangan dan nuansanya alamnya yang syahdu.

Mulailah perjalanan bersepeda Anda dari Kent Ridge Park, lanjutkan ke Alexandra Arch & Forest Walk, Henderson Waves, Arbora Hilltop Garden & Bistro, dan berakhir di Singapore Cable Car.

Demi pengalaman terbaik, sebaiknya bersepeda saat pagi hari di jalur Southern Ridges Loop.

Bersepeda saat malam hari tak kalah seru dengan bersepeda saat pagi atau sore hari. Anda dapat melihat kelap-kelip lampu gedung dan jalan perkotaan yang cantik.

Jangan khawatir akan keamanan Anda meskipun bersepeda saat malam hari, karena rute sepeda berikut memang terkenal akan rute sepeda malam.

Rute sepeda ini dilengkapi berbagai infrastruktur untuk menjamin keamanan dan kenyamanan pesepeda. Namun tentunya, jangan lupa nyalakan lampu sepeda Anda.

Eastern Coastal Loop
Mulailah melaju sepeda Anda dari sore, karena daya tarik utama dari jalur sepeda di Eastern Coastal Loop adalah melihat matahari tenggelam di Pantai Pasir Ris.
Bonus lain dari rute sepeda ini adalah melihat landasan pacu Bandara Changi yang tepat berada di sebelah jalur sepeda Anda.

Jalur sepeda ini terdapat di Coastal Park Connector. Anda juga dapat melihat pemandangan air yang tenang dari Bedok Reservoir di jalur ini.

Distrik Civic
Bagi Anda pesepeda yang juga pencinta arsitektur dan sejarah, jangan lewatkan rute Distrik Civic.
Distrik ini punya banyak bangunan bersejarah yang tampak semakin indah dan megah saat malam tiba, ketika lampu gedung yang dinyalakan.

Perjalanan Anda dapat dimulai dari Monumen City Hall dan Cavenagh Bridge, menuju berbagai gedung seperti National Museum Singapore, Chjimes, Supreme Court, Victoria Theatre & Victoria Concert Hall.

Raffles Marina Lighthouse
Jalur sepeda ini cocok bagi Anda yang bersepeda dengan pasangan, karena Anda akan menemukan suasana romantis dengan pemandangan langit senja, lampu pelabuhan, dan mercusuar.

Mulailah perjalanan Anda dari West Coast Park dan menelusuri jalur sepeda menuju Raffles Marina Lighthouse, mercusuar dengan tinggi 12 meter.

Selain bersepeda, Anda juga bisa berbelanja untuk mengganti komponen atau aksesoris sepeda sesuai kebutuhan. Singapura memiliki toko-toko untuk belanja komponen sepeda atau Anda bisa membeli sepeda baru serta memperbaiki sepeda di toko-toko yang ada. Mayoritas toko sepeda di Singapura juga melayani pengiriman internasional, jadi Anda bisa membawa sepeda baru pulang tanpa harus takut kelebihan bagasi.

Bawa sepeda sendiri atau sewa sepeda?

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Singapura membawa sepeda sendiri, Singapore Airlines bisa memasukkan sepeda dalam bagasi gratis penumpang.

Singapore Airlines juga menyediakan layanan SIA Cargo bagi bagasi dengan bobot di atas 32 kilogram.

Sementara bagi Anda yang memilih tidak membawa sepeda ke Singapura, jangan khawatir. Ada banyak tempat penyewaan sepeda seperti Hello, Bicycle!, City Scoot, The Bicycle Hut, dan masih banyak lagi.

Penyewaan sepeda di Singapura biasanya dihitung dengan harga per jam, per enam jam, atau per satu hari penuh.

Baca juga: Tempat jajan dan belajar sejarah di Singapura

Baca juga: Berpetualangan di sungai alami dan memancing di Choa Chu Kang

Baca juga: Jelajah hingga memasak di Singapura lewat acara virtual

Oleh Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pos terkait