Samsung akan sediakan Tizen OS ke smart TV merek lain

  • Whatsapp

Samsung bukanlah perusahaan pertama yang membuka platform eksklusifnya untuk merek lain. LG dan Roku telah mengizinkan perusahaan TV lain.

Baru-baru ini Samsung Electronics mengadakan Samsung Developer Conference 2021 dan mengangkat banyak hal baru terkait dengan software dan layanannya. Peningkatan pada Bixby, Samsung Health, Samsung Knox, dan SmartThings telah diumumkan. Namun mungkin hal yang paling menarik adalah pembukaan Tizen OS ke merek TV lain.

Kini banyak pabrikan TV yang menyematkan Tizen OS ke smart TV mereka dengan menggunakan layanan Samsung Tizen TV Platform Licensing dengan biaya minimal. Pabrikan TV tersebut juga akan mendapatkan akses ke branding Tizen dan memiliki kesempatan untuk mempromosikan produknya di acara eksternal besar.

Para produsen TV juga akan mendapatkan keuntungan dari platform Tizen yang sudah mapan, lengkap dengan akses ke banyak layanan streaming video dan audio termasuk Apple Music, Apple TV+, Disney+, Hulu, Netflix, Prime Video, Spotify, YouTube, YouTube Kids, dan TV YouTube.

Samsung bukanlah perusahaan pertama TV yang membuka platform eksklusifnya untuk merek lain. LG dan Roku telah mengizinkan perusahaan TV lain untuk menggunakan platform smart TV mereka. Sistem operasi Amazon Fire TV dan Google Android TV juga digunakan oleh beberapa merek TV.

Terlepas dari itu, sangat bagus untuk melihat Samsung mengikuti jejak mereka, meskipun harus dilihat apakah perusahaan lain benar-benar akan tertarik dengan platform Tizen. Namun Tizen sebenarnya adalah salah satu platform paling kaya fitur di luar sana, jadi para pabrikan pasti akan ketinggalan jika melewatkannya, terutama jika mereka tidak memiliki sistem operasi sendiri.

Pos terkait