Samsung hentikan pembaruan untuk Galaxy Note FE & Galaxy S8 Lite

  • Whatsapp

Sebuah laporan mengungkapkan Samsung akan menghentikan dukungan pembaruan sistem untuk Galaxy Note Fan Edition dan Galaxy S8 Lite versi Tiongkok.

Samsung menghentikan dukungan perangkat lunak untuk dua smartphone lawasnya. Meski demikian, perusahaan mungkin satu-satunya OEM Android yang dikenal menawarkan dukungan perangkat lunak yang lebih lama. Perangkat terbaru mereka tidak hanya dikonfirmasi mendapatkan setidaknya empat tahun patch keamanan, tapi juga dijamin akan menerima pembaruan Android selama tiga tahun. Sayangnya, kebijakan baru tidak berlaku untuk beberapa handset yang sudah terlalu tua.

Menurut laporan dari SamMobile (9/9), Samsung mengakhiri dukungan perangkat lunak untuk Galaxy Note Fan Edition (FE) dan Galaxy S Light Luxury. Kedua perangkat ini tidak lagi terdaftar di halaman Security Updates Scope Samsung. Pada saat yang sama, pembaruan untuk Galaxy Note9 kini diturunkan menjadi pembaruan triwulan, bukan bulanan.

Galaxy Note FE adalah smartphone model FE pertama dari Samsung. Ini adalah Galaxy Note7 yang diperbarui dengan baterai yang lebih aman dan lebih kecil. Ponsel dirilis sebulan sebelum peluncuran Galaxy Note8 pada 2017.

Perangkat memulai debutnya dengan Android 7.1.1 Nougat dan diperbarui hingga One UI berbasis Android 9.0 Pie. Selain itu, Galaxy Note FE hanya menerima dua pembaruan OS, tetapi empat tahun pembaruan keamanan.

Di sisi lain, Galaxy S Light Luxury alias Galaxy S8 Lite adalah smartphone eksklusif Tiongkok. Ini adalah versi Galaxy S8 yang lebih kencang. Ponsel dirilis pada 2018 dengan Android 8.0 Oreo. Perangkat juga mendapat dua pembaruan OS hingga One UI 2.x berbasis Android 10, tetapi hanya tiga tahun pembaruan keamanan.

Pos terkait