Samsung pamerkan video uji daya tahan Galaxy Z Flip3 & Z Fold3

  • Whatsapp

Setelah diklaim layar retak oleh banyak pengguna Galaxy Z Flip3, Samsung membagikan video uji durabilitas pada dua smartphone lipat barunya tersebut.

Samsung membagikan cuplikan video yang menunjukkan kekuatan smartphone lipat barunya, Galaxy Z Fold3 dan Galaxy Z Flip3 dalam uji daya tahan. Anehnya, perusahaan baru memamerkan video tersebut hampir 2 bulan setelah perangkat diluncurkan. Ini memicu spekulasi bahwa Samsung ingin mematahkan klaim terkait kerusakan pada layar Galaxy Z Flip3 baru-baru ini. 

Dalam video yang diunggah di situs web dan akun YouTube Samsung Newsroom, terdapat 4 tes terpisah yang dilakukan pada kedua smartphone. Tes pertama adalah Samsung menunjukkan 4 tes terpisah. 

“Pengujian inovatif dan berteknologi tinggi kami meliputi ruang lingkungan, tahan air, kegunaan S Pen, dan uji lipat,” kata Samsung dalam unggahan di situsnya.

Tes pertama adalah pengujian suhu, di mana smartphone diletakkan di dalam lemari pendingin dan masih berfungsi. Tes lainnya merendam Galaxy Z Flip3 ke dalam air tawar. Tes ini menunjukkan smartphone tetap memutar video meskipun direndam air. Ini menguji peringkat IPX8 yang dimiliki Galaxy Z Flip3 maupun Z Fold3, di mana smartphone dapat bertahan di bawah 1,5 meter air tawar hingga setengah jam.

Selain itu, video juga menunjukkan pengujian S Pen serta uji lipat menggunakan lengan robot. Seperti yang diklaim Samsung sebelumnya, kedua perangkat menjalani tes lipat yang cukup ketat, dan bertahan hingga 200.000 lipatan, atau sekitar 5 tahun penggunaan dengan 100 kali buka tutup setiap hari.

Namun, video pengujian ini tidak membahas masalah apapun terkait layar Galaxy Z Flip3. Untuk diketahui, belakangan terdapat laporan pengguna Z Flip3 menemukan layarnya retak di bagian tengah, di mana engsel ponsel berada. 

[embedded content]

Menurut laporan 9to5Google (12/10), layar Ultra Thin Glass pada Galaxy Z Flip3 tampak pecah setelah beberapa hari tidak digunakan. Ponsel tersebut diketahui tidak ditempa panas ataupun dingin yang ekstrim, bahkan pengguna benar-benar tidak menyentuhnya selama beberapa hari.

Di samping itu, seorang pengguna Reddit juga memposting masalah serupa setelah 3 hari memiliki smartphone tersebut. Yang lain mengatakan layar ponsel mereka retak dalam waktu 24 jam.

Masalah retakan yang dilaporkan menunjukkan bahwa mungkin masih ada beberapa masalah yang harus diselesaikan Samsung untuk memastikan ponsel lipat mereka tidak rusak dalam jangka panjang.

Pos terkait