Samsung ungkap ragam fitur pembaruan One UI 4

  • Whatsapp

Jakarta (ANTARA) – Samsung membawa ragam fitur pembaruan pada sistem operasi ponsel pintar mereka yaitu One UI 4 yang mulai dapat digunakan di seri Galaxy S21 termasuk Galaxy S21, Galaxy S21+, serta Galaxy S21 Ultra.

Adapun pembaruan itu di antaranya opsi kustomisasi baru, fitur privasi, dan akses ke ekosistem Samsung yang terus berkembang.

Baca juga: Samsung mungkin hilangkan seri Galaxy Note secara permanen

“Kami tidak akan berhenti di situ. Segera, pengguna smartphone dan tablet lainnya juga akan dapat memanfaatkan pembaruan perangkat lunak ini, memperoleh pengalaman yang lebih mulus di seluruh ekosistem kami,” kata Executive Vice President and Head of Software Platform Team at Mobile Communications Business, Samsung Electronics Janghyun Yoon dalam keterangan persnya, Jumat.

Berikut beberapa pembaruan One UI 4 yang perlu anda tahu dimulai dari opsi kustomisasi yang baru.

Samsung menghadirkan berbagai “Color Palettes” terbaru untuk dipilih, anda dapat mengubah tampilan dan merasakan perubahannya mulai dari home screen hingga ikon, menu, tombol, dan background.

User Interface One UI menghadirkan interaksi yang disederhanakan serta desain yang bersih dan elegan.

Dengan One UI 4, Anda akan mendapatkan opsi penyesuaian di setiap kesempatan.

Baca juga: Samsung mantapkan investasi Rp242,6 triliun di Texas buat pabrik chip

Misalnya seperti widget yang dirancang ulang dan menawarkan kustomisasi yang lebih detail, mengekspresikan gaya unik Anda di smartphone terasa sangat mudah.

Widget yang sudah didesain ulang dan ditingkatkan menawarkan penyesuaian yang mendalam mulai dari visibilitas hingga tampilan.

Anda pun dapat meletakkan widget penting di Lock screen seperti kalender untuk mengecek jadwal sekilas hingga Voice Recorder untuk merekam ide-ide yang muncul tiba-tiba, tanpa perlu membuka lock screen.

Kedua, anda juga mendapatkan akses mudah ke rangkaian emoji yang lebih menarik dan beragam di satu tempat, sehingga Anda dapat dengan mudah melakukan konfigurasi pilihan Anda untuk menikmati pengalaman komunikasi yang lebih seru.

Jika satu emoji masih kurang, Anda juga dapat menggabungkan dua emoji ke dalam satu animasi untuk benar-benar mengekspresikan perasaan Anda saat itu.

Ekspresikan diri dengan lebih banyak variasi fitur emoji, GIF, dan stiker yang tersedia langsung dari keyboard Anda.

Pada segi privasi One UI 4 menghadirkan fitur terbaru mulai dari memberikan peringatan untuk Anda hingga saat aplikasi mencoba mengakses kamera atau mikrofon Anda, hingga dashboard privasi baru yang meletakkan semua pengaturan dan kontrol Anda ke satu tempat yang nyaman dipantau.

One UI 4 juga memanfaatkan perluasan pada opsi izin Android 12, memungkinkan pengguna untuk melihat riwayat hal-hal yang mereka izinkan dalam tujuh hari terakhir, bukan hanya 24 jam terakhir.

Anda juga dapat memeriksa penggunaan data saat ini dari hal-hal yang Anda izinkan dan aplikasi yang Anda gunakan.

One UI 4 membantu Anda memaksimalkan ekosistem luas yang mencakup rangkaian perangkat Samsung hingga aplikasi pihak ketiga, menyajikan pengalaman mobile yang lebih mantap.

Kerja sama Samsung dengan pemimpin industri lainnya, seperti Google, memastikan pengalaman yang seamless saat menggunakan aplikasi dan layanan pihak ketiga favorit Anda.

Hal tersebut berarti Anda dapat menikmati aplikasi seperti Google Duo, yang menyediakan panggilan video berkualitas tinggi dengan teman dan keluarga.

Baik saat menggunakan Galaxy Fold, Galaxy Watch, maupun Galaxy Tab, anda akan mendapatkan tampilan dan nuansa yang senada di seluruh perangkat milik anda dan akan dapat melakukan sinkronisasi perangkat dengan mulus.

Selain di seri Galaxy S21, One UI 4 akan segera tersedia di seri Galaxy S dan Note sebelumnya serta seri Galaxy A, foldables dan tablet .

Pengumuman ini datang bersamaan dengan pembaruan perangkat lunak untuk seri Galaxy Watch yang mulai 15 November memungkinkan pengguna untuk menikmati fitur kesehatan yang ditingkatkan dan tampilan jam baru.

Baca juga: Samsung beri sinyal kuat kehadiran ponsel layar gulung dan geser

Baca juga: Samsung akan bangun pabrik “chip” lagi di AS

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pos terkait