Satgas Sebut Kasus Positif Turun 40 Persen Sepekan Terakhir

  • Whatsapp
Pemerintah akan terus berupaya meningkatkan jumlah testing yang mengalami penurunan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyebut, kasus positif nasional mengalami penurunan signifikan yakni sebesar 40 persen dalam tujuh hari terakhir. Pada 15 Juli, Satgas mencatat terdapat kasus positif sebanyak 56.757 dan pada 21 Juli menurun menjadi 33.772 kasus.

“Jika dilihat pada 7 hari ke belakang secara nasional kasus positif mengalami penurunan,” kata Wiku saat konferensi pers.

Sementara itu, angka kesembuhan menunjukan tren peningkatan dalam tujuh hari terakhir ini yakni mencapai lebih dari 70 persen. Sedangkan pada persentase kasus aktif, Wiku juga menyebut terjadi penurunan selama tiga hari terakhir ini.

Persentase BOR harian di tingkat nasional pun tercatat terus mengalami penurunan selama 7 hari terakhir dari 76,26 persen menjadi 72,82 persen.

“Adanya perkembangan yang baik ini patut diapresiasi. Saya berterimakasih kepada seluruh tenaga kesehatan yang tidak kenal lelah merawat pasien, juga kepada seluruh pemerintah daerah yang telah bergerak cepat dalam membantu pelaporan pasien serta kontak erat Covid-19,” kata dia.

Kendati demikian, Satgas menekankan, agar pemerintah terus berupaya meningkatkan jumlah testing yang mengalami penurunan dalam empat hari terakhir ini serta menurunkan angka kematian yang terus meningkat dalam tujuh hari terakhir.

 

Pos terkait