Sejarah Keikutsertaan Indonesia di Olimpiade

  • Whatsapp

TOKYO – Gelaran Olimpiade Tokyo 2020 memang sudah berada di depan mata. Bahkan besok upaca pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 bakal dilangsungkan. Indonesia pun menjadi salah satu kontingen yang bakal berpartisipasi dalam pesta olahraga terakbar tersebut.

Sebagaimana diketahui, Indonesia pertama kali ikut serta dalam gelaran bergengsi se dunia itu pada tahun 1952. Ketika itu, Olimpiade musim panas ini digelar di Helsinki, Finlandia. Dikutip dari laman resmi Olimpiade Tokyo 2020.

Kontingen Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020

Ketika itu, hanya 3 atlet dari 3 cabang olahraga yang diturunkan yakni atletik, renang dan angkat besi. Karena memang hanya mengirim 3 atlet saja, maka Indonesia pulang tanpa membawa medali.

Indonesia baru berhasil meraih medali untuk pertama kalinya pada Olimpiade Seoul di tahun 1988, melalui cabang olahraga panahan. Ketika itu, 3 srikandi bangsa, Kusuma Wardhani, Lilies Handayani dan Nurfitriyana Saiman berhasil memboyong medali perak.

Baca Juga: Ketum KOI Harap Warganet Dukung Penuh Perjuangan Kontingen Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020

Bahkan, perjuangan ketiganya untuk bisa berlaga di kancah internasional dan meraih medali pun dijadikan film oleh Imam Brotoseno pada tahun 2016 dengan judul “3 Srikandi”.

Empat tahun berselang, tepatnya saat perhelatan Olimpiade Barcelona 1992, Indonesia merebut 2 medali emas sekaligus di cabang olahraga bulutangkis melalui nomor tunggal putri dan tunggal putra. Dua atlet tersebut adalah Susi Susanti dan Alan Budikusuma.

Pos terkait