Selamat ulang tahun ke-50 Intel 4004

  • Whatsapp

Diawali dengan membuat mikroprosesor untuk kalkulator, Intel membuat terobosan yang besar dengan menciptakan Intel 4004, yang memajukan industri seperti saat ini.

Tepat pada 15 November 2021, Intel merayakan hari jadi salah satu mikroprosesor terobosan pertama mereka, yakni Intel 4004. Ini merupakan sebuah mikroprosesor yang dibuat secara komersial, yang menuntun banyak perusahaan membangun prosesor komersial mereka sendiri.

Seperti diketahui, Intel pertama kali mengembangkan mikroprosesor ini pada 1966, sesuai dengan permintaan dari Nippon Calculating Machine Corporation (NCMC). Kala itu, mereka menginginkan sebuah set sirkuit terpadu untuk purwarupa kalkulator teknik, yang mereka sebut sebagai Busicom 141-PF.

Untuk menangani permintaan ini, Intel menunjuk Federico Faggin bersama Stan Mazor dan Marcian E. (Ted) Hoff. Mereka membuat satu set chip (total 12 buah) yang disesuaikan. Dari sanalah mereka menciptakan satu set empat chip, termasuk CPU Intel 4004, untuk memenuhi kebutuhan NCMC.

“Tahun ini menandai peringatan 50 tahun chip 4004. Pikirkan berapa banyak yang telah kita capai dalam setengah abad terakhir. Ini adalah momen sakral bagi teknologi. Inilah yang membuat komputasi benar-benar berkembang!” kata CEO Intel saat ini, Pat Gelsinger seperti dikutip dari laman Wccftech (16/11).

Kala itu, mereka bisa membuat Intel 4004 hanya seukuran kuku jari manusia. Namun, kemampuan komputasi dari mikroprosesor ini sama dengan komputer elektronik asli buatan tahun 1946.

Mikroprosesor kecil ini membuktikan bahwa sesuatu yang kecil dapat memberikan daya yang sama seperti komputer pada waktu itu seukuran ruangan besar. Intel 4004 membantu membuat terobosan pada metodologi desain logika acak baru, sebuah desain yang telah membentuk beberapa generasi mikroprosesor sejak awal, sebelum berubah menjadi kondisi saat ini yang ditemukan di perangkat saat ini. 

Saat ini, mikroprosesor memungkinkan proses menggabungkan komputasi di mana-mana, konektivitas yang meresap, infrastruktur cloud-to-edge, dan kecerdasan buatan.

“[Melihat kembali] 1970, jelas bahwa mikroprosesor akan mengubah cara kita mendesain sistem, beralih dari menggunakan perangkat keras ke perangkat lunak. Tetapi kecepatan mikroprosesor berkembang dari waktu ke waktu dan diadopsi oleh industri benar-benar mengejutkan,” ujar Federico Faggin.

50 tahun kemudian, Intel pun meluncurkan prosesor Core generasi ke-12 yang memiliki terobosan baru. Mereka berhasil membuat dua otak dalam satu CPU dimana memiliki tugasnya masing-masing.

Dengan hadirnya arsitektur hybrid ini, Intel menawarkan kinerja yang unggul dan teknologi canggih yang berhutang banyak kepada Intel 4004 mikroprosesor. Ide terbaru dari Intel sekarang akan membantu memajukan generasi mendatang, membantu komputasi neuromorfik dengan chip Intel Loihi 2, dan bidang komputasi kuantum dengan opsi Horse Ridge II Intel.

Intel terus menantang dirinya sendiri untuk meminimalkan ukuran sambil memaksimalkan kinerja, dan itu semua berkat mikroprosesor Intel 4004.

Pos terkait