Selebgram Marah-Marah karena Gagal Terbang, ini Komentar Satgas Covid-19

  • Whatsapp

JAKARTA – Selebgram Gebby Vesta menyampaikan kemarahannya melalui media sosialnya karena gagal terbang dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Bali pada Rabu (21/7/2021). Gagal terbangnya selebgram tersebut karena kurangnya persyaratan perjalanan antarwilayah, yakni pengantar RT/RW.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito pun memberikan penjelasan terkait hal tersebut. Wiku mengatakan bahwa memang ada tambahan persyaratan untuk pelaku perjalanan. Aturan ini berlaku sejak tanggal 18 hingga 25 Juli mendatang.

“Jadi demi mencegah lonjakan kasus di periode libur panjang Hari Raya Idul Adha, maka Satgas sejak 18 Juli sampai dengan 25 Juli memberlakukan tambahan peraturan perjalanan yg diatur dalam Surat Edaran Satgas No.15/2021 yang tidak menghilangkan pemberlakuan Surat Edaran Satgas No.14 terkait pelaku perjalanan sebelumnya. Sehingga bersifat kebijakan penebalan,” katanya dalam konferensi persnya, Kamis (22/7/2021). 

Wiku menegaskan, kebijakan penebalan tersebut memang membatasi perjalanan masyarakat ke luar daerah. Hanya pelaku perjalanan yang bergerak di sektor esensial dan kritikal serta perorangan dengan keperluan mendesak yang diperbolehkan  melakukan perjalanan.

Baca juga: Ada Nama Bupati Karanganyar di Amplop Bansos PPKM, Disdagnakertrans Akui Salah

“Hanya untuk pekerja sektor esensial dan kritikal serta perorangan dengan keperluan mendesak. Pelaku perjalanan yang dikecualikan ini wajib menunjukkan STRP atau surat tanda resgristasi pekerja yg dapat diakses pekerja dari pimpinannya di instansi pekerjaan atau untuk masyarakat dari pemerintah daerah setempat,” pungkasnya.

(qlh)

Pos terkait