Shopee bersama Pemprov Jabar resmikan kurikulum digital bagi SMK

  • Whatsapp

Jakarta (ANTARA) – Shopee bersama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat meresmikan kurikulum digital bagi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam rangka memperkuat talenta digital sejalan dengan visi Indonesia menjalankan transformasi digital.

Persiapan pembuatan kurikulum digital itu sudah disiapkan sejak awal semester dua 2021 dan akan terealisasi pengajarannya kepada murid- murid SMK September 2021.

“Shopee bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Jawa Barat menyiapkan pelatihan dan pengembangan bisnis digital di SMK seluruh Jawa Barat untuk menyiapkan SDM, mendorong digitalisasi serta masuk ke dalam ekosistem ekonomi digital dengan lebih baik lagi,” ujar Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Christin Juarto dalam konferensi pers virtual, Selasa.

Adapun beberapa kurikulum yang disiapkan di antaranya Kurikulum proyek kreatif kewirausahaan atau disingkat PKK, lalu ada juga kurikulum pengembangan digitalisasi untuk pemasaran, hingga kurikulum manajemen logistik.

Nantinya kurikulum itu pun memungkinkan anak-anak SMK untuk dapat merasakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) memahami pengajaran yang diberikan di fasilitas milik Shopee.

Sudah ada 406 tenaga pengajar yang telah dilatih terlebih dahulu untuk kemudian dapat mengajarkan kurikulum tersebut kepada peserta didik yang ditotal berjumlah 26.444 orang dan berasal dari 209 SMK di Jawa Barat.

“Sinergi dengan berbagai pihak dalam meningkatkan keterampilan digital para pelaku pendidikan menjadi sangat penting. Pelatihan Pengembangan Bisnis Digital yang kami hadirkan bersama dengan Shopee menjadi inisiatif yang baik terkait bagaimana kita dapat membantu pelaku pendidikan di Indonesia untuk semakin siap untuk melakukan bisnis daring,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Dedi Supandi.

Kolaborasi itu pun ditandai dengan penandatangan Perjanjian Kerja Sama antara Shopee dan Dinas Pendidikan Jawa Barat yang diwakili oleh Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Christin Juarto dan Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Dedi Supandi, disaksikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Program sejenis diharapkan dapat terus berkembang dalam jangka panjang bersama pelaku bisnis lainnya sehingga talenta digital di Jawa Barat bisa bertumbuh dengan maksimal.

Baca juga: Kampus UMKM Shopee Jakarta sediakan solusi digitalisasi hulu ke hilir

Baca juga: Pemprov DKI apresiasi kehadiran Kampus UMKM Shopee di Jakarta

Baca juga: Shopee catat peningkatan produk UMKM 8 kali lipat di 11.11 Big Sale

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pos terkait