Shopee catat peningkatan produk UMKM 8 kali lipat di 11.11 Big Sale

  • Whatsapp

Jakarta (ANTARA) – Festival belanja terbesar Shopee 11.11 Big Sale telah memecahkan rekor terbaru di Indonesia dengan peningkatan transaksi terhadap produk UMKM hingga lebih dari 8 kali lipat dibandingkan dengan hari biasa.

Dengan banyaknya penawaran menarik, pengguna secara regional membeli lebih dari 2 miliar produk sepanjang kampanye berlangsung dan melampaui pencapaian tahun lalu.

Baca juga: BNI hadirkan ragam “bonus” untuk pengguna kartu kredit BNI JD.ID

Handhika Jahja, Direktur Shopee Indonesia mengatakan pihaknya sangat senang karena 11.11 Big Sale mendapat banyak dukungan dan bisa memberikan dampak terhadap pengguna, penjual dan mitra brand, serta komunitas lokal.

Menurut Handhika, ekonomi digital dan e-commerce terus menghadirkan banyak peluang untuk berkembang. Shopee ingin membantu lebih banyak lagi orang untuk mendapatkan manfaat dari pertumbuhan ini dengan meningkatkan adopsi terhadap e-commerce dan membantu lebih banyak konsumen serta bisnis online.

“Kami juga merasa bangga bahwa kami dapat menggunakan platform kami untuk memberi kembali kepada komunitas yang lebih luas dan mendukung mereka yang membutuhkan. Kami berharap dapat menciptakan lebih banyak manfaat bagi pengguna kami di bulan-bulan mendatang,” ujar Handhika melalui siaran resminya.

Baca juga: Besok, puluhan jenama siap gelar kampanye cinta produk lokal

Membantu lebih banyak pengguna dan lini bisnis secara regional

11.11 Big Sale mendorong lebih banyak orang untuk mengakses dan menikmati manfaat dari belanja online, terlebih untuk pengguna di luar kota-kota besar yang kesadaran digitalnya masih relatif rendah.

Tercatat terdapat peningkatan hingga 5 kali lipat dalam jumlah pembeli dari pedesaan dan kota-kota kecil secara regional, yang ikut memanfaatkan kemudahan mengakses rangkaian kategori produk di Shopee.

Selain dari segi kenyamanan, 11.11 Big Sale juga turut mendekatkan lebih banyak pengguna dan bisnis. Sebanyak 3,5 miliar pesan dikirim di dalam aplikasi Shopee Chat sepanjang kampanye 11.11 berlangsung, dan pengguna dapat berinteraksi langsung dengan penjual serta mendapatkan lebih banyak informasi sebelum melakukan pembelian.

Sebagai dompet digital yang aman dan nyaman, ShopeePay juga terus meningkatkan adopsi penggunaan pembayaran digital pada 11.11 Big Sale kali ini.

Di seluruh wilayah Shopee beroperasi, semakin banyak pengguna yang menggunakan ShopeePay sebagai metode pembayaran untuk pesanan yang dilakukan, termasuk pengguna di luar kota besar di mana transaksi ShopeePay meningkat 9 kali lipat dibandingkan hari biasa.

Bagi bisnis secara regional, 11.11 Big Sale adalah batu loncatan untuk pertumbuhan dan pemulihan ekonomi bisnis mereka. Penjual yang baru pertama kali berpartisipasi di 11.11 mencatatkan peningkatan yang signifikan, dengan jumlah pesanan yang meningkat hingga 18 kali lipat dibandingkan hari biasa.

Baca juga: Daftar e-commerce dan program Harbolnas 11.11

Pencapaian Shopee Indonesia di 11.11 Big Sale

Memberikan hiburan dan manfaat tanpa henti untuk para pengguna. Fitur live streaming terus menjadi hiburan utama dalam pengalaman belanja online pengguna.

Pengguna di Indonesia menghabiskan 10 juta jam untuk menonton rangkaian tayangan melalui Shopee Live, termasuk penampilan spesial NCT 127 dalam kemeriahan TV Show Shopee 11.11 Big Sale.

Di 11.11 kali ini, lebih banyak pengguna yang memanfaatkan ShopeePay untuk pengalaman pembayaran digital yang mudah, aman, dan memuaskan.

ShopeePay juga semakin terintegrasi dengan gaya hidup pengguna dengan tersedia untuk berbagai kebutuhan pembayaran, termasuk membayar berbagai tagihan. Sepanjang kampanye 11.11 berlangsung, tercatat 2 juta transaksi tagihan dibayar menggunakan ShopeePay.

Tren dan performa UMKM

Kampanye 11.11 Big Sale menjadi momentum yang dimanfaatkan oleh para UMKM dalam mengembangkan bisnisnya menuju akhir tahun. Tidak hanya para UMKM yang berdomisili
di kota-kota besar, pelaku bisnis di luar ibukota juga ikut memanfaatkan kemeriahan 11.11 kali ini.

Para UMKM dari kota-kota seperti Sidoarjo, Pekalongan, dan Sleman juga mencatatkan peningkatan penjualan yang signifikan di kampanye 11.11 Big Sale.

Shopee juga kembali melihat respon yang tinggi dari pengguna untuk produk-produk hasil karya UMKM dari berbagai kategori, di mana terlihat dari performa UMKM di Indonesia selama kampanye 11.11 Big Sale yang meliputi kategori kecantikan, fesyen serta makanan dan minuman.

Pada lini kecantikan, berbagai produk kosmetik lokal seperti lipstik dan bedak menjadi yang paling banyak dicari. Untuk kategori fesyen, pakaian wanita mendapat antusiasme tinggi dari masyarakat, di mana kemeja dan kulot menjadi produk paling favorit.

Permintaan akan kategori makanan dan minuman juga mengalami peningkatan dari pengguna. Kecintaan masyarakat akan produk makanan tradisional terlihat dari Keripik Daun Jeruk dan Bakso Goreng yang menjadi produk UMKM yang populer dalam kategori ini.

Kejutan berikutnya pada 11.11 Big Sale Extra Sale dapat disimak melalui https://shopee.co.id/m/11-11 atau mengunduh aplikasi Shopee secara gratis melalui App Store atau Google Play Store.

Baca juga: J&T Express cetak 16,5 juta pengiriman pada Harbolnas 11.11

Baca juga: Cara Watsons sambut Harbolnas 11.11

Baca juga: Jelang 11.11, iPrice hadirkan fitur pembanding harga e-commerce

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pos terkait