Termasuk Memilih Tempat Duduk, Berikut 6 Tips Hindari Mabuk Perjalanan

  • Whatsapp

Suara.com – Mabuk perjalanan memang bikin tak nyaman karena bisa membuat Anda pusing dan mual. Kondisi ini juga sering kali disebut dengan motion sickness. 

“Motion sickness terjadi ketika otak Anda tidak dapat memahami informasi yang dikirim dari mata, telinga, dan tubuh Anda,” kata Elizabeth Ko, MD, seorang dokter dan profesor kedokteran di UCLA seperti yang dikutip dari Insider.

Saat naik mobil atau kereta api, mata dan sinyal dari telinga bagian dalam Anda memberi tahu tubuh bahwa Anda sedang bergerak maju. Tetapi karena Anda duduk diam, otot dan persendian Anda mengirim pesan bahwa Anda tidak bergerak.

“Bentrokan antara sinyal-sinyal inilah yang memicu gejala mabuk perjalanan,” kata Adrian Priesol, MD, seorang ahli otoneurologi di Massachusetts Eye and Ear Infirmary.

Baca Juga: Minum Air Kelapa Ternyata Bisa Cegah Mabuk Perjalanan, Lho!

Ilustrasi pasangan naik mobil. (Pexels/Rachel Claire)
Ilustrasi  naik mobil. (Pexels/Rachel Claire)

Melansir dari Insider, berikut beberapa tips agar tidak mabuk perjalanan, antara lain:

1. Pilih tempat duduk yang tepat

Perjalanan yang lebih mulus dapat mengurangi kemungkinan Anda mengalami pusing atau mual dan Anda dapat mengurangi desakan dan gerakan dengan duduk. Dalam hal ini, Anda bisa memilih beberapa posisi duduk berikut:

  • Di kursi depan saat naik mobil
  • Di beberapa gerbong pertama kereta
  • Di samping sayap pesawat
  • Di dek atas kapal

2. Konsumsi antihistamin

Antihistamin yang umumnya digunakan untuk mengobati alergi dapat mencegah mabuk perjalanan dan meredakan gejala. Ini karena antihistamin mengurangi kemampuan telinga bagian dalam untuk merasakan gerakan dan memblokir pesan ke bagian otak yang memicu mual dan muntah. 

Baca Juga: Kenali 5 Faktor yang Memicu Mabuk Perjalanan

3. Hindari makan makanan berat 

Pos terkait