Tiga destinasi wisata untuk perjalanan “mindfulness”

  • Whatsapp

Jakarta (ANTARA) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mendorong pengembangan wisata kesehatan (wellness tourism) di Indonesia untuk membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di nusantara. 

Pemerintah ingin menjadikan wisata kesehatan sebagai program unggulan yang menargetkan pemberdayaan wisatawan nusantara. Wisata kesehatan merupakan kegiatan wisata yang mengedepankan peningkatan kesehatan dan kebugaran fisik serta pemulihan kesehatan spiritual dan mental wisatawan.

Penelitian dari Frontiers in Psychiatry mencatat bahwa masyarakat yang rutin melakukan yoga dan meditasi mampu membantu meringankan beban pikiran akibat pandemi, mengurangi stres, serta meningkatkan ketenangan berpikir, bahkan terbukti turut meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Lalu, berdasarkan survei COVID Health Assessment Scale (CHAS) yang diadakan pada bulan Mei 2020 terhadap 23.900 responden di seluruh dunia, terdapat 17.782 (74,4 persen) orang rutin yoga selama masa pandemi. Lalu sebanyak 82,8 persen dari mereka yang rutin melakukan yoga dan meditasi, memiliki tingkat stres yang lebih ringan, bahkan tidak terdeteksi, serta memiliki kemampuan beradaptasi lebih baik dalam situasi pandemi.

Aprishi Allita, Pakar Yoga & Meditasi, menyetujui survei tersebut. Dia mengatakan dalam keterangan resmi, “Dalam kegiatan yoga, ritme pernapasan menjadi fokus pokok. Kita pun menjadi lebih memahami kondisi tubuh, ruangan, dan lingkungan sekitar (mindful). Yoga dan meditasi adalah salah satu cara efektif untuk mendapatkan ketenangan dan keseimbangan (mindfulness and balance)”.

Baca juga: Objek wisata di Pamekasan terapkan protokol kesehatan

Berikut adalah tiga destinasi wisata yang bisa didatangi bila Anda ingin menjalani perjalanan “mindfulness” di Tanah Air.

Plataran Komodo Resort & Spa

Tempat di Nusa Tenggara Timur merupakan destinasi wisata impian yang menjadi salah satu opsi tepat untuk mengoptimalkan pengalaman yoga, meditasi, dan spa dengan sensasi di alam lepas. Turis dapat menikmati keindahan pemandangan pesisir di Labuan Bajo. Plataran Komodo pun menyediakan instruktur profesional yang siap berikan panduan.

Ubud Yoga Centre, Bali

Tempat ini adalah destinasi yoga yang telah berdiri sejak tahun 2004. Didirikan oleh seorang yogini bernama Mony Suriany, pusat yoga ini mengusung konsep green getaway dan sangat cocok bagi masyarakat yang ingin escape sejenak dari hiruk pikuk perkotaan. Terdapat beragam kelas mulai dari Kundalini Yoga & Meditation Class, Bikran Yoga Class, Hot Barre, hingga program yoga khusus untuk keluarga dan anak-anak. Dikelilingi dengan pemandangan hijau Ubud yang teduh dan menenangkan, aura zen ini bisa membantu untuk menemukan kejernihan berpikir dan mindfulness hidup.

Awal Mula Yoga & Pilates Studio, Jakarta Selatan
Ibu kota juga memiliki studio yoga terkenal berlokasi di kawasan Pondok Indah. Studio tengah kota ini bisa menjadi pilihan destinasi untuk yoga dan meditasi dengan suasana tenang yang tidak akan menghilangkan mindfulness yang ingin Anda capai. Studio ini memiliki variasi kelas untuk pemula hingga mereka yang berpengalaman, mulai dari Bikram Yoga, Hatha Yoga, Vinyasa Flow, Hot Vinyasa, Barre, dan Inferno Hot Pilates.

Danny Wilson Peraji, Market Manager, Tour & Attraction, tiket.com, mengatakan, “Reward seperti memanjakan diri merupakan salah satu upaya penting untuk merawat diri. Di masa pandemi seperti sekarang ini, reward dapat diwujudkan dalam bentuk sederhana, seperti partisipasi kelas yoga, meditasi secara reguler, atau kembali mengunjungi spa favorit untuk menikmati pengalaman rejuvenasi diri”.

Dalam menyambut akhir tahun, tiket.com menggelar promosi diskon SALE-tember dimulai pada tanggal 9 hingga 14 September dengan diskon khusus untuk semua produk hingga 50 persen + ekstra Rp999.000, diskon hingga 50 persen + ekstra Rp975.000 untuk Hotel, diskon hingga Rp999.000 khusus untuk tiket To Do, diskon hingga Rp280.000 untuk semua penerbangan domestik, diskon hingga Rp40.000 untuk semua perjalanan menggunakan kereta api. Kemudian, diskon hingga Rp280.000 untuk sewa mobil, diskon hingga Rp130.000 untuk fasilitas car transfer, serta diskon hingga Rp99.000 untuk pilihan Events.

Baca juga: Menparekraf akan kembangkan RI sebagai tujuan wisata kesehatan-herbal

Baca juga: Kemenkes-Kemenpar jadikan Eka Hospital RS wisata kesehatan nasional

Baca juga: Menparekraf: Pariwisata bisa bangkit jika protokol kesehatan dipatuhi

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pos terkait