Tips aman barang sampai tepat waktu saat Harbolnas

  • Whatsapp

Jakarta (ANTARA) – Pekan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) merupakan momen di mana ​​​traffic pengantaran barang akan menjadi padat.

“Momen harbolnas masih jadi momen yang ditunggu-tunggu masyarakat Indonesia. Untuk itu, Ninja Xpress selalu siap menghadapi momen Harbolnas, agar tetap membantu konsumen dalam mengantarkan barang dengan tepat waktu,” ungkap Chief Marketing Officer Ninja Xpress, Andi Djoewarsa dalam keterangan resminya, Jumat.

Dalam hal ini, terdapat lima tips yang harus diperhatikan oleh pelanggan dalam berbelanja online agar paket yang sudah dibeli cepat sampai dengan aman. Berikut:

Pastikan berada di lokasi

Untuk meminimalisir paket datang terlambat, berada di lokasi tepat dengan alamat yang telah diinput di situs belanja online dapat memudahkan kurir untuk mengirimkan barang kepada konsumen.

“Kerap kali saya juga mengalami kendala, yang membuat paket datang jadi terlambat. Seperti, pelanggan tidak ada di lokasi ketika paket datang, bahkan hingga pesanan COD yang tidak jadi diambil oleh pelanggan. Sebetulnya justru bisa disiasati agar paket datang tepat waktu,”ungkap salah satu kurir atau mitra riders Ninja Xpress, Ahmad Jaelani.

Pastikan alamat lengkap

Dengan menulis alamat yang lengkap sesuai dengan lokasi pengiriman paket, akan memudahkan kurir dalam mengirim barang tanpa adanya hambatan atau harus lagi mencari-cari alamt yang tidak sesuai.

“Menempuh jarak ratusan kilometer, menyeberangi sungai, melintasi kebun sawit setiap harinya, demi mengantarkan paket dengan tepat waktu. Untuk dapat mengantarkan ratusan paket milik pelanggan, kunci utamanya adalah fokus dan niat bekerja dengan ikhlas,” kata dia.

Jangan membatalkan tiba-tiba

Yakin lah pada saat berbelanja, pastikan barang yang dibeli sudah sesuai dengan yang dibutuhkan. Jangan sampai hal ini merugikan penjual atau bahkan kurir dengan keputusan sepihak.

Khusus COD, bayar dahulu sebelum membuka paket

Menggunakan COD, pastikan sudah paham dengan sistem COD yang berlaku. Hal ini pun dirasakan oleh Ahmad saat dia mengantarkan paket di Kabupaten Pulang Pisau. Ternyata masih banyak kesalahan teknis menggunakan layanan COD di marketplace.

“Rata-rata kesalahan teknis ini diakui oleh pelanggan, dengan dalih transaksi COD tidak sengaja dilakukan oleh anak-anak, artinya pantauan orang tua menjadi penting agar tidak merugikan pelaku UKM atau penjual bahkan kurir yang mengantarkan paket,” ucap dia.

Jangan ragu jadwalkan ulang waktu penerima

Segera jadwalkan ulang waktu penerima barang, jangan ragu untuk menghubungi kurir yang akan mengantarkan paket. Hal ini kerap terjadi dalam proses pengiriman barang.

Jika kurir memberi informasi melalui pesan, segera membalas pesan kurir dengan jelas, sehingga memudahkan kurir untuk mengantarkan barang milik pelanggan dan pelanggan pun mendapatkan barangnya dengan cepat.

Dengan merespon antusiasme konsumen terhadap Harbolnas, Ninja Xpres, selalu siap bantu sampai tujuan, dengan memastikan ketepatan, kemudahan dan solutif dalam menjawab kebutuhan customer.

Berkaca pada periode Januari hingga Juni 2021 SLA pengiriman Ninja Xpress dalam kota mencapai 98 persen. Sedangkan masih di periode yang sama, Service Level Agreement (SLA) antar kota Ninja Xpress senilai 97 persen.

“Komitmen Ninja Xpress untuk selalu siap bantu sampai tujuan, dengan mengutamakan pelanggan, agar dapat tetap menikmati lebih lanjut ketepatan pengiriman tersebut,” tutur Chief Marketing Officer Ninja Xpress, Andi Djoewarsa.

Baca juga: Lima tips yang bisa dilakukan pelaku UKM dikala pandemi

Baca juga: Ninja Express sediakan gratis ongkir di Bukalapak

Baca juga: Ninja Express berniat saingi perusahaan logistik mapan

Pewarta: Chairul Rohman
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pos terkait