Tips berkarir di industri teknologi untuk perempuan ala Tokopedia

  • Whatsapp

Jakarta (ANTARA) – Perusahaan teknologi Tokopedia membagikan sejumlah kiat bagi para perempuan yang ingin berkarir di dunia teknologi. 

SVP of Data Protection and Privacy Office Tokopedia Leny Suwardi, melalui keterangannya pada Rabu mengatakan, tips pertama adalah terus tingkatkan keterampilan sesuai perkembangan zaman. Caranya dengan terus belajar dan mengeksplorasi berbagai hal.

“Kita bisa belajar secara gratis melalui Tokopedia Academy. Ada banyak topik yang bisa dipelajari, mulai dari teknologi, data, product design, entrepreneurship dan masih banyak lagi,” ujar Leny.

Lebih lanjut, menemukan kekuatan. Menurut Leny, setiap orang pasti memiliki pengalaman serta perspektif yang beragam. Penting untuk memiliki kerendahan hati demi membuka diri belajar dari siapa pun.

​​​​​Baca juga: Jakarta Dessert Week kembali hadir di Tokopedia

“Di sisi lain, kita harus fokus dengan apa yang dimiliki dan terus mengasahnya hingga menjadi kekuatan diri. Membandingkan apa yang tidak kita miliki dengan kelebihan orang lain hanya akan menghambat perkembangan pribadi,” kata dia.

Selanjutnya, beradaptasi dengan fleksibel. “Kita perlu terus menantang diri untuk berinovasi dan menjaga relevansi. Di mana pun berada, kita juga harus selalu memberikan yang terbaik,” kata Leny.

Ia melanjutkan, kemampuan multitasking juga sangat diperlukan. Misalnya, menyeimbangkan kepentingan keluarga dan kepentingan pekerjaan, apalagi ketika sudah berkeluarga.

Terakhir, adalah tidak menyepelekan “Me Time”. “Membaca buku, olahraga, nonton serial drama, dan melakukan hal yang kita sukai adalah cara untuk mengisi ulang energi agar tetap sehat fisik dan mental dalam menjalani peran di keluarga maupun pekerjaan,” kata Leny.

Sementara itu, Tokopedia akan menggelar konferensi teknologi tahunan, START Women in Tech, secara daring pada Sabtu, 27 November 2021 pukul 09.30-16.00 WIB, yang disiarkan melalui Tokopedia Play, situs Tokopedia Academy dan YouTube Inside Tokopedia.

Acara ini melibatkan banyak perempuan ahli teknologi di Indonesia sebagai pembicara. Selain Leny, acara ini turut dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek RI Suharti; Sekretaris Jenderal Kemenkominfo RI Mira Tayyiba; Country Representative Indonesia & Liaison to ASEAN at UN Women Jamshed M.Kazi; Country Director Google Cloud Indonesia Megawaty Khie; COO Tokopedia Melissa Siska Juminto; Chief Food Officer at Gojek Group Catherine Sutjahyo; dan lainnya.

“START Women in Tech diharapkan dapat memberdayakan talenta digital Indonesia, khususnya perempuan, dengan memberikan kesempatan berbagi pengalaman, memperluas wawasan sekaligus jaringan di industri teknologi agar lebih mampu bersaing secara global,” tambah Leny.

Baca juga: Tokopedia luncurkan Tokopedia Bersama untuk bantu sesama

Baca juga: Produk dan pengalaman konsumen terbaik lahir dari riset yang akurat

Baca juga: GoTo raih pendanaan pra-IPO senilai 1,3 miliar dolar AS

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pos terkait