Tips cegah panas ponsel saat main “mobile game”

  • Whatsapp

Jakarta (ANTARA) – Ponsel pintar (smartphone) semakin awam menjadi media untuk bermain gim kapan dan di mana saja.

Ketika digunakan untuk menjalankan tugas berat seperti gaming, smartphone mungkin akan mengalami panas berlebih saat. Saat terjadi overheat, sistem secara otomatis akan melambatkan kinerja untuk mengendalikan panas agar tidak merusak komponen sensitif di dalam smartphone. Hal inilah yang menyebabkan smartphone jadi lemot dan kurang responsif.

Jika suhu smartphone tinggi bisa mengakibatkan berbagai masalah serius, seperti bocornya baterai, kehilangan data, dan masalah pelik lainnya. Bahkan, smartphone bisa mati total dan tidak bisa dinyalakan lagi ketika sudah melewati suhu tertentu.

Baca juga: Tips sebelum menjual ponsel lama

Berikut kiat mencegah panas ponsel saat bermain game.

Tutup aplikasi tak terpakai
Saat bermain, hampir 100 persen kinerja perangkat diarahkan ke aplikasi game. Aplikasi yang berjalan di latar (background) bisa menyedot sumber daya dan menyebabkan smartphone menjadi lambat.

Biasanya, aplikasi yang sering masih berjalan di background adalah browser, musik, dan media sosial.

Untuk melakukannya, periksa cache dan aplikasi yang sedang berjalan. Perhatikan aplikasi yang paling banyak memakan RAM. matikan aplikasi tidak penting selain game pilihan Anda agar masih banyak kapasitas RAM yang tersisa.

Bersihkan ruang simpan
Seringkali smartphone penuh dengan aplikasi yang tidak penting dan jarang sekali kamu gunakan. Deretan aplikasi ini bisa berupa browser, aplikasi wallpaper, atau pemutar musik dan video, serta game.

Apabila aplikasi-aplikasi ini masih ter-install di dalam smartphone maka akan menguras kapasitas RAM yang ada. Sebaiknya, Anda hapus atau uninstall aplikasi yang tidak terpakai tersebut karena berpotensi membuat kinerja smartphone lambat saat bermain game.

Gunakan fitur Clean storage di Settings, lalu hapus juga foto, video, cache, audio, dan dokumen yang tidak terpakai atau pindahkan ke SD Card.

Pilih smartphone bersistem pendingin
Penggunaan smartphone sehari-hari seperti untuk bermain game dalam waktu lama sering menyebabkan masalah panas. Oleh karena itu, sebaiknya memilih perangkat yang memiliki spesifikasi software dan hardware terbaik, serta sistem pendingin yang bisa menghilangkan panas berlebih dengan cepat.

Salah satunya adalah perangkat OPPO Reno6 yang dibekali dengan perangkat keras terbaik di kelasnya sehingga menawarkan kenyamanan ketika digunakan untuk bermain mobile game.

Selain itu, sistem Multi-Cooling System yang dimilikinya mampu mengurangi panas 21,9 persen lebih efisien apabila dibandingkan dengan perangkat serupa versi sebelumnya.

Multi-Cooling System pada OPPO Reno6 telah ditingkatkan dengan menggunakan kombinasi aluminium dan baja yang mempunyai konduktivitas termal tinggi untuk memberikan disipasi panas lebih baik.

Tiga lapisan grafit ditempatkan pada bingkai penutup atas untuk pembuangan panas dan pada bagian baterai. Sementara itu, gel konduktif ditambahkan pada bagian motherboard dan lembaran grafit dengan tebal 0,01mm pada bagian speaker, chip, dan prosesor.

Sistem pendingin ini menjaga OPPO Reno6 untuk memiliki suhu stabil dan tidak mudah panas, terutama untuk menjalankan game dalam waktu lebih dari satu jam.

Dengan tambahan kombinasi chipset Qualcomm Snapdragon 720G, aktivitas bermain game di OPPO Reno6 juga kian terasa lebih nyaman dan menyenangkan.

Baca juga: Mitos dan tips seputar baterai ponsel awet

Baca juga: Tips memaksimalkan ponsel untuk fotografi malam hari

Baca juga: Tips merawat baterai ponsel

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pos terkait