TSMC dan Sony ingin bangun pabrik untuk atasi kekurangan chipset

  • Whatsapp

Dalam beberapa bocoran diketahui bahwa TSMC dan Sony ingin membuat pabrik untuk mengatasi kekurang chipset, terutama di bidang fotografi dan kendaraan.

Kelangkaan chipset hingga saat ini terjadi di seluruh dunia. Hal ini membuat semua produk yang menggunakan chipset mengalami kesulitan produksi yang membuat permintaan pengguna semakin tidak terpenuhi.

Hal ini membuat harga produk di pasaran saat ini melambung tinggi tidak terkendali. Namun, beberapa perusahaan saat ini sedang berusaha dengan keras untuk mengatasi masalah tersebut.

Baru-baru ini, Sony dan TSMC dikabarkan sedang “mempertimbangkan” pendirian pabrik semikonduktor di Prefektur Kumamoto barat Jepang. Kerjasama ini diharap akan membantu mengurangi kelangkaan chipset di pasaran.

Engadget (10/10) melaporkan bahwa TSMC akan memiliki kontrol mayoritas dari upaya gabungan ini. Sedangkan Sony yang akan memiliki hak atas tanah dari pabrik tersebut, yang didirikan di dekat pabrik image sensor milik mereka.

Pabrik baru ini akan menyediakan chip untuk kamera, mobil, dan keperluan lainnya. Oleh karena itu, salah satu raksasa suku cadang mobil, Denso, diduga juga tertarik dengan proyek tersebut. 

Jika tidak ada masalah, pabrik ini akan rampung dan berjalan pada 2024. Sony dan TSMC hingga saat ini masih menolak untuk berkomentar, meskipun TSMC sebelumnya mengatakan “secara aktif meninjau” rencana untuk upaya tersebut.

Pos terkait