TSMC umumkan chip N4P baru

  • Whatsapp

Dari segi efisiensi daya, perusahaan asal Taiwan tersebut mengklaim ada peningkatan efisiensi 22% lebih baik dibandingkan dengan teknologi N5 versi awal dan kepadatan transistornya dikatakan 6% lebih tinggi.

Produsen chip kontrak terkemuka di dunia, TSMC, secara resmi telah mengumumkan proses N4P mereka. Ini merupakan versi platform 5nm yang telah disempurnakan. N4P baru ini menandai peningkatan ketiga dari proses 5nm perusahaan dan diklaim menawarkan peningkatan performa sekitar 11% dibandingkan teknologi N5 versi awal dan peningkatan sekitar 6% dibandingkan proses N4.

Dari segi efisiensi daya, perusahaan asal Taiwan tersebut mengklaim ada peningkatan efisiensi 22% lebih baik dibandingkan dengan teknologi N5 versi awal dan kepadatan transistornya dikatakan juga 6% lebih tinggi.

“N4P menunjukkan pengejaran dan investasi TSMC dalam peningkatan berkelanjutan dari teknologi proses kami. Proses ini dirancang untuk memudahkan migrasi produk berbasis platform 5nm, yang memungkinkan pelanggan untuk tidak hanya memaksimalkan investasi mereka dengan lebih baik, tetapi juga akan memberikan penyegaran yang lebih cepat dan lebih hemat daya untuk produk N5 mereka”, kata TSMC.

Beberapa bulan lalu, perusahaan itu telah mengumumkan rencananya untuk menunda node proses 3nm dan tidak ada berita lebih lanjut terkait hal tersebut. Ini menunjukkan bahwa chipset A16 Bionic generasi berikutnya untuk seri iPhone 14 dapat menggunakan proses 4nm alih-alih proses 3 nm yang dirumorkan.

Sebagai catatan, proses Apple A15 Bionic generasi saat ini yang ditemukan di seri iPhone 13 diproduksi oleh TSMC menggunakan proses 5nm (N5P). Chipset MediaTek Dimensity 2000 yang akan datang juga diklaim sedang dalam pengembangan menggunakan proses 4nm.

Saingan terbesar TSMC, Samsung Foundry, juga menunda perilisan chip 3nm mereka yang berarti bahwa chipset Qualcomm Snapdragon 898 generasi berikutnya, yang akan mendukung ponsel flagship tahun depan, akan dibuat menggunakan node 4nm.

Pos terkait