Unduh aplikasi Android TV kini bisa lewat smartphone

  • Whatsapp

Google mengembangkan cara yang memungkinkan pengguna mengunduh aplikasi dari smartphone mereka untuk Android TV.

Android TV memang sudah ada sejak lama, namun baru belakangan ini disempurnakan oleh Google. Tahun lalu, sistem operasi tersebut mendapat layanan agregasi konten yang disebut Google TV, mirip dengan Xiaomi PatchWall. Kini, perusahaan secara perlahan meluncurkan cara mudah bagi pengguna untuk menginstall aplikasi di platform.

Play Store adalah tempat utama aplikasi Android bagi sebagian besar pengguna. Perangkat Android TV bersertifikat hadir dengan Play Store khusus, dengan aplikasi yang dioptimalkan dan dikembangkan secara khusus untuk platform tersebut. 

Menjelajahi aplikasi Play Store melalui smart TV mungkin cukup merepotkan. Itulah sebabnya Google mengembangkan cara yang memungkinkan pengguna mengunduh aplikasi dari smartphone mereka untuk smart TV.

Dilansir dari Gizmochina (18/11), Google memperbarui server sehingga pengguna dapat menginstal aplikasi di perangkat Android TV melalui Play Store di smartphone. Opsi unduhan ini hanya tersedia untuk aplikasi yang kompatibel dengan smart TV tersebut.

Fitur ini pertama kali dibagikan oleh pengguna Reddit (avigi) yang dilaporkan oleh 9to5Google. Terdapat satu syarat untuk menggunakan fitur ini, yaitu pengguna harus masuk ke akun Google yang sama antara smartphone dan smart TV.

Namun, fitur ini belum diluncurkan secara merata, karena Google merilisnya secara bertahap. Jika smart TV Sahabat Tek belum mendapatkan opsi, tunggulah beberapa saat atau periksa apakah ada pembaruan server yang tertunda.

Pos terkait