WhatsApp hadirkan pembaruan di WhatsApp Business API

  • Whatsapp

WhatsApp akan menghadirkan pengalaman baru dalam perpesanan bisnis melalui WhatsApp Business API-nya.

Di tengah kondisi pandemi seperti saat ini, WhatsApp telah menjadi salah satu platform perpesanan yang membantu berbagai komunikasi di beberapa sektor seperti kesehatan, sosial, dan bisnis. Untuk meningkatkan layanannya, WhatsApp telah menyampaikan beberapa informasi terkait pemanfaatan WhatsApp Business API dalam dua acara berbeda.

Dalam F8 Refresh yang diadakan bersama dengan keluarga aplikasi Facebook lainnya, Ajit Varma, Kepala Produk Bisnis WhatsApp, mengumumkan pembaruan terkait aplikasi WhatsApp Business API. Pembaruan ini akan memudahkan bisnis dalam memulai penggunaan WhatsApp Business API, serta memudahkan orang-orang untuk memulai obrolan dengan akun bisnis secara lebih cepat.

Diketahui pembaruan tersebut meliputi orientasi lebih cepat sehingga bisnis dapat memulai penggunaan WhatsApp Business API hanya dalam lima menit. Baik bekerja sama dengan penyedia solusi bisnis ataupun mendapatkan dukungan secara langsung dari Facebook di masa mendatang, peningkatan ini akan memudahkan bisnis skala menengah dan besar untuk melakukan percakapan dengan pelanggan di WhatsApp.

Kemudian terdapat lebih banyak pilihan jenis informasi yang dapat diterima oleh orang-orang dari akun bisnis. Dengan semakin banyaknya bisnis yang menggunakan WhatsApp, perusahaan ingin terus meningkatkan cara bisnis berkomunikasi dengan pelanggan. Misalnya, bisnis sering kali mengalami kendala dalam mengirim notifikasi berwaktu. Kendala ini menyulitkan bisnis untuk menindaklanjuti pertanyaan atau permintaan pelanggan di luar jangka waktu 24 jam.

Oleh karena itu, sekarang WhatsApp mendukung lebih banyak jenis pesan, seperti pesan yang memberi tahu pelanggan kapan suatu item kembali tersedia. WhatsApp juga mengamati betapa bermanfaatnya informasi berkala yang disampaikan oleh otoritas kesehatan terkait dengan pandemi. Sebab itu, WhatsApp ingin layanan seperti ini dapat tersedia untuk lebih banyak jenis percakapan.

Selanjutnya terdapat fitur perpesanan baru untuk merespons dan memberikan masukan kepada akun bisnis dengan lebih cepat. Pesan daftar baru ini menyajikan menu hingga 10 opsi agar pelanggan tidak perlu lagi mengetik respons secara manual. Tombol balas akan memudahkan pelanggan untuk dengan cepat melakukan pilihan dari hingga tiga opsi hanya dengan 1 ketukan. Opsi ini dapat diatur sebelumnya oleh bisnis melalui akun API WhatsApp Business mereka.

Pelanggan selalu memiliki kendali atas chat mereka. Oleh karenanya, pelanggan masih perlu menghubungi bisnis untuk memulai percakapan atau meminta bisnis untuk menghubungi mereka via WhatsApp. Dengan pembaruan ini, WhatsApp juga menghadirkan cara baru bagi pelanggan untuk memberikan umpan balik tambahan atas pengalaman yang mereka alami jika mereka ingin memblokir bisnis.

“Kami ingin berkomunikasi melalui WhatsApp menjadi cara yang paling nyaman dan personal untuk menghubungkan pelanggan dan bisnis. Kami sangat antusias dengan pengalaman baru yang kami tawarkan ini yang dapat meningkatkan perpesanan bisnis,” pesan WhatsApp dalam akun resminya. 

Pos terkait