Yamaha Finn 115 Motor Super Irit Bensin Asal Thailand, Ini Infonya

  • Whatsapp

Yamaha Finn 115
Yamaha Finn 115. Foto: IST/NET

Yamaha Finn 115 merupakan motor bebek yang berasal dari Thailand. Motor tersebut memiliki konsumsi bahan bakar paling irit dari motor sekelasnya. Motor tersebut telah rilis sejak Februari tahun lalu yang telah klaim bisa tembus 91,18 km per liter. Menakjubkan bukan?

Motor tersebut mampu bersaing dengan Honda Beat 110cc. Dari keistimewaan tersebut, menjadikan Yamaha Finn motor paling jarang mampir di SPBU. Bagi pengendara irit bensin merupakan hal yang istimewa. Apalagi hanya dengan satu liter saja mampu mencapai 100-an km.

Baca Juga: Yamaha NMAX Mini Mesin 125 cc, Lebih Mahal dari Yamaha NMAX 155

Yamaha Finn 115 Teririt Sedunia

Selain itu, motor tersebut bisa memakai berbagai jenis bensin hingga oktan atau dibawah bensin Premium 88. Meski bukan motor keluaran terbaru karena telah meluncur tahun 2020, namun jangan anggap enteng gesitnya.

Tak heran Finn 115 menjadi motor super irit, karena kehadirannya mampu mengalahkan Honda Beat yang hanya mampu tembus 60,6 km/ liter. Secara nyata perbandingan tentu kapasitas 110 hingga 115cc pemakaian bensinnya paling irit 60 an km/liter.

Catatan angka seirit itu tentu kecepatan tidak boleh lebih dari 60 km/jam untuk digunakan di jalan raya perkotaan. Anda harus ingat, bahwa Yamaha Finn 115 menggendong mesin 115cc sebagai jantung pacunya.

Jika di Indonesia mesin tersebut mirip seperti yang digunakan Yamaha Vega Force. Keunggulan mesin tersebut lebih tahan lama dan tidak rewel dalam artian lebih tangguh.

Lalu, yang perlu Anda ketahui, motor ini mendapat dukungan teknologi Flex Fuel Vehicle. Bahkan ada rumor Yamaha Finn tersebut akan meluncur di Indonesia telah mencuat tahun lalu. Hal tersebut diperkuat dengan kabar bahwa dari Yamaha itu sendiri mendaftarkan desain Finn di Indonesia.

Finn 115 bisa menjadi sedemikian iritnya karena tersemat komputer dan injektor khusus pada motor ini, sehingga jumlah pemakaian bensin tidak banyak.

Menariknya lagi, Yamaha Finn 115 ketika berjelajah bisa teraplikasikan pada letak geografi Indonesia. Maka, pengendara dengan leluasa menempuh jarak Jakarta-Jogja hanya dengan tujuh liter bahan bakar. Istimewa bukan?

Baca Juga: Yamaha YZF R7 Hadir Sebagai Motor Sport Pengganti Yamaha R6

Tampilan Yamaha Finn 2020

Hanya saja memiliki tampilan desain yang sederhana. Terlihat simpel seperti motor bebek kebanyakan yang ada di Indonesia.

Hal tersebut terlihat dari sein, stoplamp dan headlamp yang masih menggunakan bohlam halogen. Selain itu panel instrumennya juga terlihat sederhana. Karena masih menggunakan model analog.

Pada sisi depan terdapat kompartemen yang mampu untuk menyimpan botol minum serta benda lainnya. Beralih pada sisi bagasi, motor tersebut hadir dengan bagasi seluas 9,7 liter dan mampu menampung satu buah helm half face.

Sedangkan sistem pengereman, Yamaha Finn 115 tersebut mengusung rem cakram pada bagian depan dan rem tromol pada bagian belakang.

Dengan mesin yang gagah, Yamaha hadir dengan 4 model. Keempat model Yamaha tersebut membedakannya berdasarkan teknologi serta fitur yang tersemat padanya.

Mulai dari Finn UBS yang bertipe pelek racing dengan starter elektrik, Yamaha finn hadir dengan pelek jari-jari, serta Yamaha Finn yang membawa teknologi starter manual. Yamaha masih mengandalkan kunci dengan model Shutter key.

Anda juga dapat memilih warna pilihan yang masing-masing membawa keunikan tersendiri. Pilihan warna untuk tipe UBS yakni Metallic Black, Metalic Silver, Blue Deep, Black-Green Tosca, Metallic Red, dan Black-Red Fancy.

Sedangkan Yamaha Finn 115 untuk tipe standar hadir dengan warna Blue Deep, Black Red Fancy dan Metallic Red. Meskipun bergaya stylish dan tradisional, namun Yamaha Finn tidak dapat diremehkan.

Dari segi harga, motor tersebut juga antara rentang 14 juta hingga 17 jutaan dulu. Namun untuk harga sekarang mengikuti pasaran yang ada.

Fakta Yamaha

Berkaitan dengan Yamaha, perusahaan tersebut memang memiliki brand image yang kuat dan memiliki ciri khas. Apapun keluaran Yamaha memiliki Resale Value yang menjanjikan. Hal ini sudah terlihat dari konsumsi masyarakat akan produk Yamaha.

Tidak hanya dari ketangguhan produknya saja, namun Yamaha memiliki jaringan bengkel resmi dan lokal yang mudah ditemukan di berbagai lokasi. Sehingga memudahkan pengguna produknya untuk melakukan perawatan.

Selain itu Yamaha selalu mengedepankan kualitas setiap produknya, terutama pada Yamaha Finn 115. Berkat inovasi serta performa mesin yang tersemat dalam motor tersebut sehingga mampu memberikan pendukung harian terbaik.  (r10/HR Online)

Editor: Jujang

Pos terkait